Pelindo ingin memastikan bahwa setiap anak, terutama yang tinggal di sekitar perusahaan memiliki akses terhadap pendidikan
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memfasilitasi bantuan dana bagi ratusan pelajar kurang mampu di Jakarta Utara agar dapat memperoleh ijazah yang sempat tertahan akibat berbagai masalah administrasi.

Melalui kerja sama dengan Jakarta Utara Rumah Kita Milenial (JURK Milenial), Pelindo menyebutkan bantuan pendidikan kepada ratusan pelajar itu guna mendorong mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dimas Giri Prabowo, mewakili Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo menjelaskan bahwa bantuan pendidikan itu merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, khususnya mereka yang tinggal di sekitar wilayah kerja Pelindo.

"Kami berkepentingan untuk membantu meringankan beban orang tua siswa. Melalui program TJSL, Pelindo ingin memastikan bahwa setiap anak, terutama yang tinggal di sekitar perusahaan memiliki akses terhadap pendidikan," kata Dimas dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Sebanyak 144 ijazah telah diserahkan kepada para pelajar yang mengalami kendala dalam mengurus dokumen dan administrasi.

Penyerahan ijazah dilakukan di GOR Jakarta Utara dan dihadiri oleh perwakilan Pelindo, Kepala Suku Dinas (Sudin) Kesra Jakarta Utara, Kepala Sudin Pendidikan Wilayah 1 dan 2, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Utara serta Kepala Sekolah Swasta di seluruh wilayah Jakarta Utara.

Kegiatan tersebut mengusung tema "Menyiapkan Regenerasi Menuju Indonesia Emas 2045".

Menurut Dimas, kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara sering dianggap sebagai wilayah dengan angka kriminalitas tinggi. Fenomena itu sangat mungkin berkaitan dengan tingkat pendidikan.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pelindo menjalankan peran penting dalam mendukung program pembangunan yang merata di seluruh Indonesia melalui program TJSL. Program ini dijalankan dengan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan, harmonisasi dengan lingkungan, dan pengembangan usaha mikro dan kecil.

Sedangkan, Ketua JURK Milenial Firmansyah Bari menyatakan bahwa banyak anak putus sekolah yang ingin melanjutkan pendidikan, tetapi mereka seringkali terkendala oleh masalah administrasi dan keuangan.

Ia mengharapkan bantuan pendidikan dari Pelindo dapat membantu mengatasi masalah-masalah ini dan mengurangi angka putus sekolah di wilayah Jakarta Utara.

Baca juga: Pelabuhan Makassar mencatat arus penumpang tumbuh 122,58 persen
Baca juga: Pelindo jamin layanan pelabuhan optimal selama libur panjang
Baca juga: Terminal Jamrud tingkatkan produktivitas setelah terapkan PTOS-M

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024