Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo menyumbangkan angka pembuka bagi tim putra Indonesia atas Korea Selatan pada pertandingan fase grup ketiga Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024, Kamis.

Chico menang 21-17, 21-23, 22-20 atas Lee Yun Gyu melalui drama rubber game pada laga yang digelar di Selangor, Malaysia tersebut.

“Alhamdulillah bisa bermain baik dan sukses menyumbangkan angka pembuka bagi Indonesia di partai pertama. Dalam laga tadi lawan memang ulet dan punya pertahanan kuat,” kata Chico seperti dikutip keterangan singkat PP PBSI.

Chico mengakui Lee mampu mengimbangi serangan-serangannya dengan baik,sehingga perolehan angka berlangsung alot.

“Beberapa kali saya menyerang tidak tembus dan bisa kembali. Untung saya bermain lebih sabar dan malah bisa dapat angka,” ujar Chico.

Saat Lee memaksakan gim ketiga, Chico kembali mencoba bermain lebih sabar dan strategi itu menghasilkan angka.

Baca juga: Stephanie tuntaskan kemenangan Indonesia atas Hong Kong jadi 5-0

Namun, pada pertengahan gim pamungkas, Lee mengubah pola permainan sehingga membuatnya berhasil mendapatkan banyak angka, bahkan menyusul ketertinggalannya dari Chico.

“Adaptasi saya dengan perubahan pola lawan juga termasuk terlambat, tapi setelah itu saya malah bisa lebih tenang dan konsisten bermain. Saya bisa kembali ke pola saya sendiri,” ungkap Chico.

“Saat terjadi setting di gim ketiga, saya hanya fokus mencari poin saja. Saya tidak berpikir menang atau kalah, dan fokus ke pola permainan sendiri saja. Ternyata bisa lancar, apalagi secara permainan hari ini saya tampil lebih baik."

Chico juga mengatakan dukungan teman-teman sesama tim Indonesia memicu semangatnya sampai bisa membungkus kemenangan pertama tim putra Indonesia hari ini.

“Terima kasih buat teman-teman yang terus mendukung dari pinggir lapangan, saya bisa tampil lebih semangat. Semoga dengan kemenangan saya ini teman-teman yang lain bisa tampil lebih baik lagi dan juga menyumbangkan angka bagi Indonesia,” kata Chico.

Selain Chico, segera bertanding Alwi Farhan dan Yohanes Saut Marcellyno pada tunggal putra, dan  Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri serta Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin pada ganda putra.

Skuad putri Indonesia sudah memastikan tempat perempat final BATC 2024 dengan status juara Grup X.

Baca juga: Ester pastikan tempat Indonesia pada perempat final BATC 2024
 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024