Sampit (ANTARA) -
Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah, kini memiliki Forum Komunikasi PAUD-SD yang diharapkan menjadi wadah bersama dalam mencari solusi untuk meningkatkan PAUD di daerah setempat.
 
"Saya berharap dengan adanya Forum Komunikasi PAUD-SD ini kita dapat duduk bersama dan berdiskusi untuk menghasilkan strategi guna mencapai target-target perubahan," kata Bunda PAUD Kotawaringin Timur Khairiah Halikinnor di Sampit, Kamis.
 
Khairiah menginisiasi pembentukan Forum Komunikasi PAUD-SD Kabupaten Kotawaringin Timur, kemudian ditindaklanjuti dengan rapat bersama Dinas Pendidikan dan pihak terkait.
 
Dia mengajak seluruh peserta untuk aktif dan berkontribusi pemikiran dalam membentuk Forum Komunikasi PAUD-SD demi tujuan bersama dalam memajukan dunia pendidikan di daerah ini.

Baca juga: Bupati Kotim minta perusahaan gunakan CSR bantu pengembangan PAUD
 
Menurut Khairiah, ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian forum ini, yakni praktik penerimaan peserta didik baru tanpa tes dan masa pengenalan lingkungan sekolah dasar yang menyenangkan.
 
Hal ini dinilai penting dan mendasar sehingga perlu menjadi perhatian bersama. Nantinya Forum Komunikasi PAUD-SD bersama kepala satuan pendidikan bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan sasaran atau target yang ingin dicapai.
 
"Sasaran lainnya yaitu pembelajaran SD kelas awal yang menyenangkan yang mengakomodasi masing-masing kemampuan pondasi anak yang sudah PAUD maupun anak yang belum PAUD," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Kotim anggarkan Rp12 miliar beli perlengkapan sekolah SD & SMP
 
Khairiah berharap pendidikan jenjang PAUD dan SD menjadi perhatian bersama karena akan berpengaruh terhadap anak dalam menjalani jenjang pendidikan selanjutnya.
 
Dia juga meminta seluruh Bunda PAUD kecamatan, kelurahan dan desa untuk berpartisipasi membantu program ini. Peran mereka sangat diperlukan dalam memberi pemahaman yang baik kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan di jenjang PAUD dan SD.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur Muhammad Irfansyah menyambut gembira pembentukan Forum Komunikasi PAUD-SD. Forum ini akan sangat membantu upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di tingkat PAUD dan SD.

Baca juga: Disdik Kotim fasilitasi anak putus sekolah ikuti pendidikan nonformal
 
Irfansyah mengatakan, Dinas Pendidikan siap bersinergi dan berkolaborasi melalui program-program yang ada untuk terus meningkatkan pendidikan di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat/Norjani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024