Sampai saat ini masih terjaga dan kalau PSU itu masih belum ada laporan
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Selatan (KPU Jaksel) menyatakan pencoblosan pada semua tempat pemungutan suara (TPS) telah sesuai prosedur sehingga tidak ada yang menggelar pemilihan suara ulang (PSU).

"Sampai saat ini masih terjaga dan kalau PSU itu masih belum ada laporan," kata Ketua KPU Jakarta Selatan Muhammad Taqiyuddin di Jakarta, Kamis.

Taqiyuddin mengatakan bahwa semua TPS yang berada di Jaksel menggelar pemungutan suara pada Pemilu 2024 tanpa kendala yang berarti, bahkan semua berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Baca juga: KPU Makassar targetkan penghitungan suara rampung malam ini

Untuk itu, kata Taqiyuddin, tidak ada satu pun TPS yang mengadakan PSU, meskipun sempat ada yang terkena banjir namun pemungutan suara masih bisa berlangsung dengan berpindah ke lokasi lebih aman.

"Sejauh ini masih dalam tahap aman kondusif dari pemungutan hingga penghitungan ditingkat TPS," ujarnya.

Sementara itu, ketika ditanya terkait video berdurasi 26 detik yang viral dengan narasi naskah "Sudah tercoblos untuk 02 di TPS 03, Jl. Dadap, RT003/RW 003, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jaksel. Malu-maluin KPU / Bawaslu gimana ini?". Taqiyuddin mengaku masih berkoordinasi dengan petugas yang ada di lapangan.

Video viral yang dimaksud yaitu video yang dibagikan oleh akun @ShamsiAli2 di media sosial X dan telah tayang 1,9 juta kali serta sudah di posting ulang sebanyak 13 ribu kali.

"Kita lagi coba berkoordinasi dengan teman-teman TPS dan PPK apakah betul itu terjadi di TPS kita atau tidak. Kami terus koordinasikan dengan petugas yang berjaga," katanya.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.


Baca juga: Bupati Trenggalek ajak masyarakat "move on" dan bersatu setelah pemilu
Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

Baca juga: Plt Ketum PPP optimis lolos ambang batas parlemen 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024