Malang (ANTARA News) - Arema Indonesia meraih kemenangan perdana saat meladeni tim asal Filipina, Loyola Meralco Sparks di ajang Menpora Cup 2013 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jatim, Sabtu malam.

Satu-satunya gol yang mengantarkan Arema meraih tiga poin itu dipersembahkan oleh Alberto Goncalves pada menit ke-20 yang memaksimalkan tendangan penjuru dari Hasyim Kipuw.

Sejak menit-menit awal babak pertama, kedua tim memeragakan permainan keras, bahkan menjurus kasar. Pemain kedua tim silih berganti melakukan pelanggaran.

Serangan demi serangan yang dilancarkan kedua tim juga terus dilakukan, pelanggaran demi pelanggaran pun juga kerap terjadi hingga wasit Oki Dwi Putra harus mengeluarkan kartu kuning untuk pemain Loyola, Greatwich.

Meski penguasaan bola Arema sedikit lebih dominan ketimbang Loyola, Arema masih belum mampu menambah pundi-pundi golnya hingga wasit meniup peluit panjang tanda babak pertama berakhir dan skor masih tetap 1-0.

Memasuki 45 menit babak kedua, kedua tim juga langsung menggebrak dengan melancarkan serangan secara bergantian. Namun, serangan balik Loyola lebih membahayakan dan beberapa kali mengancam gawang Arema yang dikawal Kurnia Meiga.

Hanya saja, permainan keras dan serangan yang silih berganti dari kedua tim semakin menurun pada pertengahan babak kedua. Untuk menambah amunisi lini depan agar serangannya lebih produktif, pelatih Arema Ruddy Widodo memasukkan Greg Nwokolo dan menarik Irsyad Maulana.

Bahkan, sejumlah pemain yang menjadi starter pun juga ditarik, yakni Hasyim Kipuw digantikan Gilang Gunarsa, Alberto Goncalves digantikan Reza Mustofa, dan Christian Gonzales digantikan Edmar Gracia dua menit menjelang babak kedua berakhir.

Sementara pelatih Loyola Meralco Sparks Joseph Vincent Santos juga tak mau ketinggalan dan mengganti sejumlah pemainnya untuk menambah kekuatan, di antaranya M J Hartmann digantikan Romero, Greatwich digantikan Morello.

Pergantian sejumlah pemain di kubu Arema masih belum mampu menambah kekuatan dan ketajaman serangan Singo Edan. Bahkan, pada menit-menit akhir, justru Loyola terus menekan pertahanan Arema dan membuahkan peluang emas, namun bisa digagalkan penjaga gawang Kurnia Meiga, sehingga skor amsih tetap 1-0 hingga babak kedua berakhir.

Selanjutnya Arema bakal menghadapi Persepam Madura (Senin, 23/9) dan Loyola Meralco Sparks meladeni Mitra Kukar.
(E009/M008)

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013