Jakarta (ANTARA) - Korps Brimob Polri menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa 5.000 paket sembako untuk warga terdampak bencana alam di Provinsi Jawa Tengah.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, Wakil Komandan Korps Brimob Polri Irjen Pol. Ramadhani Hidayat melepas pendistribusian 5.000 paket sembako menggunakan truk operasional Brimob yang diberangkatkan dari Mako Korps Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, Kamis (15/2).

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat terdampak,” kata Ramadhani.

Bantuan kemanusiaan tersebut sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap masyarakat yang terdampak bencana.

Bantaun dikirim ke enam kecamatan yang terdampak bencana banjir di Jawa tengah, yakni Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Gajah, Kecamatan Mijen, Kecamatan Karangawen, Kecamatan Wonosalam, dan Kecamatan Demak.

Banjir disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan beberapa tanggul tidak mampu menahan derasnya aliran air.

Beberapa daerah yang terdampak banjir parah di Jawa Tengah seperti Demak dan Grobogan yang merupakan daerah penghasil beras.

Berdasarkan informasi Pusdalops BNPB diketahui hujan deras yang terjadi sejak Senin (5/2) sore menyebabkan Sungai Lusi, Sungai Serang, dan Sungai Tuntang tidak mampu menampung debit air hingga meluap sampai pemukiman warga. Banjir tersebut juga diperparah akibat kiriman air dari daerah hulu Grobogan.

Setidaknya banjir telah menggenangi sebanyak 2.822 unit rumah penduduk, memutus akses lalu lintas di jalan raya Purwodadi-Gubug. Kemudian merusak talud dan rabat beton, 56 hektare lahan persawahan di Desa Karangpasar, Kecamatan Tegowanu, dan juga sempat menghambat jalur Kereta Api di KM 32+5/7 petak jalan antara Stasiun Karangjati – Stasiun Gubug.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024