Kami berharap dengan tahun tuna ini, maka produksi tuna semakin mendapatkan pasar yang lebih luas baik pasar internasional dan dalam negeri. Ini pemikiran kita sehingga tahun tuna semoga menjadi geliat pasar tuna Indonesia semakin terbuka
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Budi Sulistiyo mengatakan, Pencanangan Tahun Tuna Indonesia 2024 diharapkan mampu memperluas pangsa pasar baik internasional dan dalam negeri.
 
 
“Kami berharap dengan tahun tuna ini, maka produksi tuna semakin mendapatkan pasar yang lebih luas baik pasar internasional dan dalam negeri. Ini pemikiran kita sehingga tahun tuna semoga menjadi geliat pasar tuna Indonesia semakin terbuka,” ujar Budi kepada ANTARA saat ditemui di kantor KKP, Jakarta, Jumat.
 
 
Program ini juga diharapkan mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan angka konsumsi ikan tuna, pasalnya tren produksi ikan tuna di Indonesia meningkat.
 
 
Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah Ditjen PDSPKP, tren produksi ikan tuna mencapai 320.000 ton pada 2020 dan meningkat menjadi 340.000 ton pada 2021.
 
 
Sehingga Pencanangan Tahun Tuna 2024, lanjut dia, menjadi salah satu komitmen KKP memperkuat daya saing komoditas itu. Adapun program yang akan dilakukan dalam menyukseskan program itu meliputi bazaar tematik tuna yang bekerja sama dengan K/L dan Pemda pada Maret hingga Mei 2024.
 
 
Penguatan brand Tuna Indonesia dan temu bisnis pada pameran SENA Boston pada 23-25 April 2024; menyelenggarakan Tuna Day di Surabaya bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Asosiasi Perikanan Tuna, Tuna Consortium dan lembaga non pemerintahan (non government organization/NGO) lainnya pada Mei 2024.
 
 
Serta menyelenggarakan Tuna Talk di Bitung, pada Mei 2024 bekerja sama dengan Tuna Consortium dan Pemkot Bitung; melaksanakan kampanye Tuna dengan retail modern dan melalui media digital bekerja sama dengan mitra NGO; melaksanakan kegiatan Hari Ikan Nasional (Harkanas) 2024 mengangkat tema Tuna.

Baca juga: Menteri KKP undang Turki investasi budi daya ikan tuna ke Indonesia

Baca juga: BI: Festival Kuliner Ikan Tuna berdampak positif bagi UMKM Gorontalo

Baca juga: Dokumen strategi pemanfaatan tuna jadi referensi implementasi PIT

Baca juga: KKP kembangkan budi daya bibit tuna

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024