Jakarta (ANTARA) - Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) resmi menerapkan pemakaian energi bersih sebesar 100 persen setelah adanya perjanjian dengan PLN UID Jakarta Raya terkait pembelian "Renewable Energy Certificate
(REC)".

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Lasiran mengatakan bahwa Stadion GBK menjadi gedung olahraga pertama di Indonesia yang menggunakan 100 persen energi bersih.

"Pembelian REC merupakan cara yang paling mudah bagi pelanggan untuk menikmati energi bersih dari PLN," kata Lasiran dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

​​​​​​Jika membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sendiri akan membutuhkan biaya investasi yang besar dan waktu yang lama.  "Namun dengan membeli REC PLN, GBK telah resmi menjadi salah satu pelanggan PLN yang menggunakan energi bersih," katanya.

Baca juga: PLN DKI gencar sosialisasi pakai listrik yang aman lewat program P2TL

Dengan pembelian REC, daya tersambung untuk kawasan GBK sebesar 5,54 Mega Volt Ampere (MVA) yang meliputi beberapa lokasi, ​​​​​​​​​​​​yaitu
Stadion Utama GBK, Tenis Indoor, Centercourt, Stadion Renang, Istora dan infrastruktur kawasan.

GBK juga menjadi fasilitas olahraga pertama yang menggunakan layanan REC PLN.

Perjanjian REC PLN tersebut ditandatangani oleh Manager PLN Unit Pelaksana dan Pelayanan Pelangggan (UP3) Bulungan, Dasih Listyanto dan Perwakilan Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK.

Penandatanganan disaksikan oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dan Direktur Utama PPKGBK Rakhmadi Afif Kusumo, dan General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran di pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada Kamis (15/2).

Rakhmadi mengatakan bahwa GBK ingin menggunakan sumber listrik yang lebih bersih lagi dari hulu ke hilir. "GBK sudah bekerjasama dengan PLN dan memastikan dengan pembelian REC ini, sumber listriknya berasal dari 'renewable energy'," katanya.

Baca juga: PLN jamin ketersediaan listrik di gudang logistik pemilu

Hal ini sejalan dengan visi-misi PPK GBK agar menjadi kawasan yang ramah lingkungan dan mendukung program pemerintah dalam penurunan emisi.

Berdasarkan perhitungan PLN, total energi baru terbarukan yang dipasok dari PLN ke GBK dalam setahun mencapai 8,1 juta kilo Watt hour (kWh) atau setara dengan pasokan listrik untuk 3.700 rumah tangga.

Menurut dia, GBK bisa menjadi contoh tempat olahraga lain di Indonesia untuk menggunakan REC dari PLN sebagai komitmen penggunaan energi bersih.

"Dengan REC, pelanggan memiliki bukti kepemilikan sertifikat berstandar internasional untuk penggunaan energi listrik yang dihasilkan dari pembangkit energi terbarukan," kata Lasiran.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024