Jakarta (ANTARA) - Kehadiran cosplayer atau orang yang mengenakan kostum mirip dengan karakter fiksi turut meramaikan pemutaran perdana film animasi Jepang bertajuk "Demon Slayer: To The Hashira Training" di salah satu bioskop di Jakarta Barat pada Minggu.

Tampak sejumlah cosplayer tampil mengenakan kostum lengkap ala karakter-karakter dari serial animasi Jepang atau anime "Demon Slayer".

Salah satunya seorang cosplayer yang dikenal dengan nama panggung Tree, untuk menyambut penayangan film "Demon Slayer: To The Hashira Training" dia tampil dengan kostum cosplay karakter Gyomei Himejima yang dalam cerita merupakan salah satu Hashira atau pembasmi iblis terkuat.

Baca juga: Akhir "Demon Slayer Season 2", kemunculan Doma dan bocoran musim baru

Tree mengaku memutuskan untuk cosplay sebagai Gyomei Himejima karena direkomendasikan oleh rekan-rekannya sesama cosplayer yang menilai dirinya cocok untuk memerankan karakter tersebut.

"Ada rekomendasi dari teman-teman 'eh ini ada karakter loh yang cocok sama lu'. Pas saya coba mendalami karakter Gyomei dan saya liat kayaknya cocok, jadi sekarang (cosplay) Gyomei terus," kata Tree.
 
Seorang cosplayer yang dikenal dengan nama panggung Tree tampil sebagai karakter Gyomei Himejima. (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)


Tree memesan langsung kostum karakter Gyomei Himejima kepada penjahit kostum agar mendapatkan ukuran pakaian yang pas dengan ukuran badannya.

"Kostum itu ukuran saya ga bisa beli di toko online, pasti saya custom, ga mungkin ada size-nya karena harus diukur secara detail. Langsung datang ke tempat jahitnya, buat diukur badan gitu," kata cosplayer yang mulai terjun ke dunia cosplay pada tahun 2016 itu.

Sementara untuk aksesori replika senjata, dia juga memesan kepada pengrajin khusus yang biasa mengerjakan aksesori atau perlengkapan cosplay, salah satunya replika senjata seperti pedang, kampak, dan lainnya.

"Untuk kostum aja tanpa aksesori itu sekitar Rp950 ribu, tapi untuk aksesori itu saya crafting (membuat) sendiri dari material-material murah, ga lebih dari Rp250 ribu sih," ujar Tree saat mengungkapkan harga kostum yang dikenakannya.

Baca juga: Jelang akhir "Demon Slayer", tanda kening & musim ketiga dipertanyakan

Cosplayer lainnya bernama Maul tampil dengan kostum karakter Giyu Tomioka yang juga salah satu anggota Hashira dalam cerita "Demon Slayer".

Dia mengaku dalam melakukan cosplay terdapat tantangan tersendiri seperti dalam hal pendalaman karakter dan kemiripan antara kostum yang dipakai dengan karakter aslinya.

"Pendalaman karakter sama kemiripan dari segi kostum, wig, dan make up juga harus disesuaikan sama karakternya," kata Maul.
 
Seorang cosplayer bernama Maul tampil sebagai karakter Giyu Tomioka. (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)


Cosplayer yang aktif sejak tahun 2013 itu menuturkan bahwa dirinya sering melakukan cosplay dengan tema karakter-karakter dari anime "Demon Slayer". Dia menyebutkan koleksi kostum-kostum karakter "Demon Slayer" miliknya di antaranya Kyojuro Rengoku dan karakter utama Tanjiro Kamado.

Maul mengaku, butuh waktu sampai 5 bulan dalam membuat kostum karakter Tomioka Giyu yang dipesannya dari penjahit khusus kostum cosplay. Dia juga menyebutkan harus merogoh kocek sampai Rp3 juta saat memesan kostum karakter itu lengkap dengan aksesorinya karena terdapat beberapa bagian kostum dengan tingkat kesulitan tinggi dalam pengerjaannya.

Berbeda dengan Tree dan Maul yang tampil sebagai karakter protagonis, cosplayer lainnya bernama Rega tampil sebagai karakter Muzan Kibutsuji yang merupakan sosok iblis antagonis utama dalam cerita "Demon Slayer".

Dia mengaku cosplay sebagai Muzan Kibutsuji karena karakter itu adalah karakter favoritnya.

"Sejujurnya aku suka banget sama Kibutsuji Muzan secara pribadi. Dia punya berbagai versi penyamaran dan jujur aku tergoda untuk meng-cosplay-kan karakternya karena Muzan itu bagi aku kharismatik," kata Rega.

Untuk bisa tampil sebagai Muzan, dia tidak memesan semua bagian kostumnya kecuali jas karena ada sebagian pakaian dan aksesori berasal dari koleksi pribadinya.

Untuk memesan jas yang menjadi salah satu ciri khas karakter Muzan, Rega rela menunggu sampai 6 bulan agar jas yang dipesannya memiliki detail yang sesuai dengan karakter aslinya.

"Karena aku cerewet kalau soal detail, ini aku pengen bordir jadi gapapa deh nunggu yang penting oke," kata Rega.

"Demon Slayer" adalah serial anime yang diadaptasi dari komik karya Koyoharu Gotouge. Anime ini berkisah tentang seorang remaja laki-laki bernama Tanjiro Kamado yang menjadi pemburu iblis untuk membalaskan dendam kepada iblis bernama Muzan Kibutsuji yang telah membantai keluarganya dan mengubah adiknya, Nezuko Kamado menjadi iblis.

Baca juga: Free Fire hadirkan kolaborasi dengan anime “Demon Slayer”

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024