Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin, Minggu (18/2), yang menjadi sorotan di antaranya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Ketua Umum Partai Nasdem hingga Calon presiden Prabowo Subianto dikunjungi oleh Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

Jokowi panggil Surya Paloh ke Istana Jakarta

Presiden RI Joko Widodo memanggil Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu petang.

"Dipanggil Pak Presiden," kata Politisi Nasdem Ahmad Sahroni dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Sahroni pertemuan itu bersifat silaturahim yang biasa dilakukan

Selengkapnya baca di sini.

PKB sebut dapat tambahan 23 kursi DPR RI

Direktur Pileg DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan tabulasi suara internal partainya menunjukkan PKB akan mendapatkan kenaikan jumlah suara sehingga bakal terjadi penambahan 23 kursi DPR RI.

"Alhamdulillah dari existing 58 kursi yang sekarang di Senayan ini aman semuanya dan akan ada penambahan dari kenaikan jumlah suara ini menjadi 81 kursi," kata Cucun di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Minggu.

Cucun mengungkapkan berdasarkan tabulasi data nasional internal PKB, perolehan suara PKB untuk DPR RI pada Pileg 2024 naik signifikan dari perolehan suara pada Pileg 2019. Hal itulah yang diterjemahkan menjadi jumlah kursi PKB di Senayan.

Selengkapnya baca di sini.

Progres Real Count KPU 66,61 persen, Prabowo-Gibran raih 57,95 persen

Data real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat progres surat suara Pilpres 2024, yang masuk sudah mencapai 548.354 tempat pemungutan suara (TPS) atau 66,61 persen dari total 823.236 TPS.

Laman https://pemilu2024.kpu.go.id/, yang dipantau ANTARA di Jakarta, Minggu, menunjukkan progres tersebut berdasarkan data per Sabtu (17/2/2024) pukul 19.30 WIB.

Menurut data tersebut, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih 49.747.461 suara atau 57,95 persen dari total suara.

Selengkapnya baca di sini.

KPU Jateng: Pemilu susulan di Demak digelar 24 Februari

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mengatakan bahwa pelaksanaan pemilihan umum susulan di Kabupaten Demak yang terdampak banjir direncanakan pada 24 Februari 2024.

Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono, di Semarang, Minggu, mengatakan bahwa Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Karanganyar, Kabupaten Demak, telah melaksanakan rapat pleno membahas rencana pemilu susulan.

Selengkapnya baca di sini.

Prabowo terima kunjungan Dubes China

Calon Presiden nomor urut dua Prabowo Subianto menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, kunjungan Lu Kang bersama rombongannya tersebut untuk memberikan ucapan selamat kepada Prabowo karena telah unggul sementara dalam hasil hitung suara Pilpres 2024.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024