Jakarta (ANTARA) - Sejak 2018, Manchester United tak pernah lagi menduduki posisi teratas dalam daftar klub kaya raya di dunia, tapi tetap masuk lima besar dunia.

Karena stabilitas finansial itu, pemilik United, Keluarga Glazer, berani menjual 25 persen sahamnya kepada Sir Jim Ratcliffe pada harga 1,2 miliar pound (Rp23,6 triliun), jauh di atas harga 100 persen saham United ketika mereka beli pada 2005 dalam harga 800 juta pound (Rp15,7 triliun).

Namun di lapangan hijau, klub yang dicemooh oleh mantan pelatihnya, Louis van Gaal, sebagai klub dagang ketimbang klub sepak bola itu, babak belur tak karuan.

Sejak 2013 MU tak pernah lagi mengangkat trofi juara liga, hanya Piala FA pada 2016 dan Piala Liga pada 2017 serta 2023.

Dalam kurun waktu yang sama, Setan Merah lima kali terlempar dari Liga Champions. Tahun lalu, pelatih Erik ten Hag mengembalikan United ke kompetisi elite Eropa itu setelah semusim sebelumnya finis urutan keenam.

Namun musim ini, United kembali tertatih-tatih sampai terpuruk pada peringkat enam, walau terlalu dini untuk menyimpulkan ini akan menjadi akhir perjalanan Setan Merah mengingat musim yang masih panjang.

Tetapi, ada perkembangan menjanjikan dalam beberapa pekan terakhir ini.

Sejak menyerah 1-2 kepada Nottingham Forest pada 31 Desember 2023, United tak terkalahkan dalam tujuh laga terakhir, dalam semua kompetisi.

Itu sudah termasuk empat kemenangan liga berturut-turut, dengan terakhir dicatat dari kandang Luton Town, Minggu malam tadi, dalam skor 2-1.

Secara individual, kualitas permainan sejumlah pemain pun perlahan meningkat lagi, khususnya Rasmus Hojlund yang saat melawan Luton mencetak dua gol.

Baca juga: MU segel kemenangan atas Luton Town berkat dua gol cepat Hojlund

Uniknya, peningkatan ini terjadi bersamaan dengan rampungnya proses akuisisi United oleh Ratcliff.

Sejak bos perusahaan kimia INEOS berkekayaan bersih 20,8 miliar dolar AS (Rp325,6 triliun) itu dipastikan menguasai saham minoritas yang membuatnya total mengurusi operasi sepak bola United, permainan Setan Merah mulai menunjukkan stabilitas.

Hojlund mencetak gol liga pertamanya di Old Trafford pada 27 Desember 2023 ketika United menang 3-2 atas Aston Villa. Itu terjadi tak lama setelah Ratcliffe merampungkan akuisisi 25 persen saham MU.

Sebelum itu, striker Denmark berusia 21 tahun yang dibeli dari Atalanta pada Agustus 2023 tersebut tak pernah menciptakan gol dalam 14 pertandingan liga.

Namun belakangan ada faktor di luar lapangan yang mendorong kualitas permainan seperti Hojlund meningkat. Dan itu adalah Ratcliffe.

Baca juga: Ten Hag yakin Hojlund akan menjadi mesin gol bagi Manchester United
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: MU dekati empat besar, Liverpool tetap teratas


Selanjutnya: Atap stadion bocor

Copyright © ANTARA 2024