untuk melindungi masyarakat tentunya perlu kolaborasi semua pemangku kepentingan di industri perdagangan berjangka komoditi untuk melakukan edukasi yang berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) -
Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) atau Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) menekankan pentingnya edukasi berkelanjutan untuk mencegah masyarakat terjebak dalam penawaran investasi ilegal.
 
"Selain dengan pemblokiran situs, untuk melindungi masyarakat tentunya perlu kolaborasi semua pemangku kepentingan di industri perdagangan berjangka komoditi untuk melakukan edukasi yang berkelanjutan," kata Direktur Utama ICDX, Nursalam di Jakarta, Senin.
 
Dengan edukasi yang baik, masyarakat akan mendapatkan informasi yang lengkap tentang industri perdagangan berjangka komoditi, sehingga tidak mudah untuk terjebak dalam penawaran-penawaran investasi ilegal yang mengatasnamakan perdagangan berjangka.
 
"Kami yakin, kunci berkembangnya perdagangan berjangka komoditi adalah pemahaman yang baik di masyarakat termasuk pemahaman tentang risiko investasi," ujarnya.
 
Untuk itu, ICDX selaku Self Regulatory Organization (SRO) di sektor perdagangan berjangka komoditi bekerja sama dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dan pialang berjangka yang resmi untuk menjalankan berbagai program literasi dan edukasi berkelanjutan bagi masyarakat.
 
Pemerintah Indonesia sepanjang tahun 2023 telah memblokir 1.855 situs web yang menawarkan kegiatan perdagangan berjangka komoditi ilegal. Jumlah situs yang diblokir tersebut mengalami peningkatan dari 1.498 situs pada 2022, dan 1.222 situs di tahun 2021.
 
Bappebti sebagai regulator di industri perdagangan berjangka komoditi menyebutkan bahwa pemblokiran itu bertujuan untuk melindungi masyarakat dari potensi kerugian yang ditimbulkan dan memberikan kepastian hukum bagi pelaku usaha di bidang perdagangan berjangka komoditi.
 
"Terkait pemblokiran, kami sangat mendukung upaya yang dijalankan pemerintah ini sehingga masyarakat dan pelaku usaha terlindungi," tutur Nursalam.
 
Menurut dia, keberadaan situs-situs ilegal yang mengatasnamakan perdagangan berjangka komoditi, tidak hanya merugikan masyarakat yang menjadi korban, namun juga merugikan industri perdagangan berjangka komoditi.
 
"Industri ini memiliki manfaat besar bagi masyarakat maupun kalangan usaha. Bagi masyarakat, industri ini bisa menjadi alternatif investasi, dan bagi kalangan usaha dalam memanfaatkan perdagangan berjangka komoditi untuk sarana hedging atau lindung nilai komoditas," katanya.


Baca juga: OJK ungkap alasan investasi hingga pinjol ilegal masih terus tumbuh
Baca juga: Satgas Pasti blokir 22 entitas investasi ilegal dan 337 pinjol ilegal
Baca juga: Kerugian akibat investasi ilegal setara dengan bangun 504 rumah sakit

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024