Jakarta (ANTARA) - Ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada Esti Nurwanti menyampaikan pentingnya pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap serangan virus dan bakteri.

"Tentunya kalau terkait imun lebih ke protein ya, vitamin C, D3, E, dan Zinc itu harus terpenuhi untuk anak," kata Esti seusai acara gelar wicara di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan bahwa orang tua harus memastikan anak-anak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari konsumsi makanan sehari-hari.

Menurut dia, meningkatkan asupan protein hewani serta memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin dan mineral dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh anak.

Selain memperhatikan pemenuhan kebutuhan nutrisi, ia menyampaikan, penting pula menghindarkan anak dari faktor-faktor yang berisiko menimbulkan serangan bakteri dan virus.

"Jangan minum es dan jajan sembarangan, karena kita takut es itu bukan karena dinginnya tapi terpapar bakteri, mungkin pakai air mentah buatnya," kata dia.

Selain itu, menurut dia, anak-anak sebaiknya diajari untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan seusai aktivitas serta menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari serangan penyakit.

Baca juga: Kiat Nagita Slavina memastikan kebutuhan nutrisi anak terpenuhi
Baca juga: Dokter gizi ingatkan pentingnya asupan nutrisi pada 1000 HPK anak


Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024