Berharap agar keluarga yang menjadi korban kebakaran tetap sabar dan tabah menghadapi cobaan
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh menyalurkan bantuan masa panik bagi korban kebakaran rumah di Desa Hagu Barat Laut, Kecamatan Banda Sakti, kota setempat, sebagai salah satu bentuk respon cepat pemerintah terhadap warga terkena bencana.

“Terkait bantuan perbaikan rumah nanti akan ditindaklanjuti oleh dinas terkait,” kata Pj Wali Kota Lhokseumawe A Hanan di sela-sela menyerahkan bantuan masa panik di Lhokseumawe, Senin.

Peristiwa kebakaran rumah tersebut terjadi pada Senin (19/2) dini hari di mana  si jago merah melalap 90 persen bangunan rumah, sehingga rusak berat. Api baru berhasil dipadamkan dalam waktu dua jam.

Bantuan masa panik yang disalurkan Pemkot melalui Dinas Sosial tersebut berupa sandang dan pangan. Rumah ini merupakan milik Ida Iriani (48), seorang ibu rumah tangga yang tinggal bersama empat orang anak.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun bangunan rumah hampir seluruhnya hangus terbakar.

"Berharap agar keluarga yang menjadi korban kebakaran tetap sabar dan tabah menghadapi cobaan," katanya.

Baca juga: Korban banjir di Bireuen Aceh diberikan bantuan masa panik
Baca juga: Pemkot Lhokseumawe salurkan bantuan darurat banjir ke 1.714 warga


Menurut dia, pemerintah juga memberikan perhatian terhadap aspek administratif korban, sehingga minta kepala desa setempat untuk segera mengurus surat kependudukan yang terdampak akibat kebakaran.

Selain itu, camat setempat juga diminta untuk memberikan bantuan tanpa menunggu permohonan dari korban, termasuk pengurusan dokumen seperti ijazah dan dokumen penting lainnya.

Dinas Kesehatan untuk memantau kesehatan korban kebakaran, ujar Hanan.

Kebakaran rumah tersebut diduga akibat korsleting listrik sehingga Pemkot Lhokseumawe mengimbau kepada masyarakat untuk memastikan keamanan jaringan listrik dengan menggunakan kabel dan perlengkapan yang standar SNI serta pemasangan jaringan yang sesuai prosedur.

“Hal ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kebakaran yang dapat membahayakan jiwa dan harta benda,” ujarnya.

Komandan Regu C Tim Pemadam Kebakaran Kota Lhokseumawe Zulfadli Umar mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran dari masyarakat, dan langsung mengerahkan lima unit mobil pemadam kebakaran untuk melakukan pemadaman di lokasi kejadian.

Baca juga: Dinsos Aceh pastikan seluruh area banjir diberi bantuan masa panik
Baca juga: Korban banjir bandang Aceh Tenggara diberikan bantuan masa panik
Baca juga: Tim dan bantuan dikirim ke korban banjir di Aceh Tamiang dan Agara

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024