Wellington (ANTARA News) - Ribuan orang masih tidak memperoleh listrik pada Rabu, setelah topan menerjang North Island di Selandia Baru pada Selasa malam (24/9) dan mengakibatkan tanah memenuhi jalan dan banjir serta tiang listrik roboh.

Sebanyak 1.200 rumah di Oratia dan Hunua di Auckland, 2.300 di Coromandel dan beberapa ratus di Wairarapa serta Whanganui masih tak memperoleh listrik, demikian laporan Radio New Zealand.

Sebanyak 6.600 rumah tak memperoleh pasokan listrik sekitar Selasa malam.

Kontraktor jalan dan layanan darurat telah membersihkan tanah di jalan, banjir dan puing setelah cuaca dingin dan berangin, demikian laporan Xinhua.

Manager jaga regu pemadam Scott Osmond mengatakan petugas pemadam dikerahkan guna menangani 175 kecelakaan yang berkaitan dengan cuaca, kebanyakan melibatkan pohon tumbang ke jalan, saluran listrik, mobil dan bangunan.

Pemberitahuan terutama datang dari Auckland, Coromandel, Dataran Rendah Hauraki, Tauranga dan Hamilton.

Polisi menyatakan mereka harus mengungsikan beberapa ratus orang di Teluk Tolaga di Pantai Timur akibat banjir sekitar pukul 23.30 waktu setempat, Selasa.

Penerbangan internasional di Bandar Udara Auckland kembali normal setelah terganggu pada Selasa malam tapi sebagian penerbangan dalam negeri masih dibatalkan.

(C003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013