Hanoi, Vietnam, (ANTARA/PRNewswire) - Honeywell telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan The Green Solutions Group Corporation (TGS) untuk proyek Tra Vinh Green Hydrogen, pabrik hidrogen ramah lingkungan yang pertama di Vietnam, berlokasi di wilayah Mekong Delta.

Honeywell akan memasok sejumlah teknologi siap guna untuk proyek ini, seperti desain dan manajemen otomatisasi serta manajemen transisi energi, termasuk sistem penyimpanan energi baterai (battery energy storage systems/BESS). Melalui teknologi tersebut, TGS akan mampu mengintegrasikan sumber energi terbarukan untuk menjadi bagian pada pabrik hidrogen ramah lingkungan.

Disaksikan oleh Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh, penandatanganan MoU ini berlangsung pada November 2023 di COP28 United Nations Climate Change Conference, Dubai, Uni Emirat Arab.

"Honeywell BESS akan berperan penting dalam mendukung proyek Tra Vinh Green Hydrogen," ujar Ramanathan Valliyappan, Regional General Manager, Honeywell Process Solutions. "Sistem ini akan memperluas kapasitas energi terbarukan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) TGS setelah matahari terbenam, serta kapasitas pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) ketika sumber daya angin mereda. Platform BESS Honeywell ikut menghemat biaya dan menurunkan emisi karbon dengan menyediakan stabilitas sistem transmisi listrik dari sumber energi terbarukan. Dengan demikian, hidrogen ramah lingkungan dapat diproduksi di pabrik Tra Vinh."

Selain BESS, Honeywell akan menyediakan solusi dan keahlian lengkap yang mencakup seluruh rantai nilai industri hidrogen agar TGS dapat beroperasi dengan aman, profitabel, serta memenuhi target produksi energi berkelanjutan.

"Kolaborasi ini mencerminkan langkah penting dalam produksi hidrogen ramah lingkungan di pabrik Tra Vinh," ujar Huynh Thi Kim Quyen, Managing Director, TGS. "Proyek Tra Vinh Green Hydrogen merupakan pencapaian besar bagi perusahaan kami sekaligus perkembangan penting dalam mencapai target nasional, yakni mendekarbonisasi sektor energi dengan solusi energi terbarukan, serta berkontribusi mewujudkan masa depan yang lebih bersih dan lestari."

Vietnam bertekad mewujudkan netralitas karbon pada 2050. Menurut sejumlah proyeksi, Vietnam menjadi salah satu dari lima negara yang paling terdampak perubahan iklim, dan menghadapi risiko sosial dan ekonomi yang berpotensi parah.[i] Vietnam memiliki potensi besar dari sisi sumber daya tenaga surya dan bayu, khususnya wilayah Delta Mekong yang menjadi lokasi pabrik Tra Vinh.

Honeywell berkomitmen mencapai netralitas karbon dalam kegiatan operasional dan fasilitas perusahaan pada 2035. Komitmen ini melanjutkan inovasi yang telah hadir selama puluhan tahun agar klien Honeywell dapat memenuhi target lingkungan hidup dan sosial. Sekitar 60% investasi penelitian dan pengembangan produk baru Honeywell pada 2022 dialokasikan untuk kinerja ESG bagi klien.[ii]

[i] "Country: Vietnam," World Bank Group Climate Change Knowledge Portal, 2021.

[ii] Metodologi identifikasi solusi ESG tersedia di investor.honeywell.com (baca "ESG/ESG Information/Identification of ESG-Oriented Offerings")

Tentang Honeywell

Honeywell adalah perusahaan terintegrasi yang melayani berbagai jenis industri dan wilayah di seluruh dunia. Bisnis Honeywell bergerak di tiga tren utama—otomatisasi, masa depan penerbangan, dan transisi energi—yang didukung sistem operasi Honeywell Accelerator dan platform perangkat lunak terintegrasi Honeywell Connected Enterprise. Sebagai mitra tepercaya, Honeywell membantu berbagai perusahaan menjawab tantangan yang paling berat dan kompleks di dunia. Honeywell juga menyediakan solusi dan inovasi yang mudah ditindaklanjuti, serta membuat dunia menjadi lebih pintar, aman, dan berkelanjutan. Kabar dan informasi lebih lanjut tentang Honeywell tersedia di www.honeywell.com/newsroom.

Narahubung Media: 
Anton Susanto
+60123583903

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024