Ternate (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku melalui Fuel Terminal Tobelo Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut), memberikan bantuan kontainer sampah kepada warga Ring 1 FT Tobelo.

Fuel Terminal Manager FT Tobelo Evon Suluh, di Ternate, Rabu, mengatakan pemberian bantuan kontainer sampah merupakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina, khususnya dalam pengelolaan sampah agar lebih tertata di wilayah Ring 1 Fuel Terminal Tobelo.

"Hal ini menjadi sebuah bentuk kepedulian yang bisa kami berikan, dan diharapkan bantuan ini agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ujar Evon.

Baca juga: Pertamina hadirkan bank sampah jadi solusi berkelanjutan di Minahasa

Fuel Terminal Manager FT Tobelo Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Evon Suluh bersama Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Utara serta Asisten I Bidang Pemerintahan Nelson Sahetapy selaku perwakilan Bupati Halmahera Utara menandatangani berita acara penyerahan kontainer sampah tersebut disaksikan secara langsung oleh warga Tobelo.

Nantinya, kontainer sampah yang diberikan akan ditempatkan di Desa Kupa-Kupa, Kecamatan Tobelo Selatan, Kota Tobelo.

Evon mengatakan pemberian bantuan kontainer sampah dapat menjawab persoalan kebersihan yang dihadapi di Desa Kupa-Kupa, Tobelo.

"Kalau bisa kontainer sampah ini nantinya ditempatkan di titik-titik yang strategis agar masyarakat yang selama ini kesulitan membuang sampah, jadi punya akses yang mudah membuang sampah," ujarnya.

Baca juga: Pertamina manfaatkan PLTS olah sampah di Kedonganan Bali

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Edi Mangun mengajak masyarakat sekitar untuk dapat menciptakan situasi lingkungan yang bersih dan kondusif.

"Tentu kita ketahui bersama bahwa pengelolaan sampah yang kurang baik dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan dan makhluk hidup sekitar. Untuk itu, perlu adanya kesadaran diri masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang lebih bersih demi kemajuan kota bersama,” ujar Edi.

Edi menyampaikan bahwa pemberian bantuan tersebut hanya bersifat media perantara, penanganan sampah perlu melibatkan seluruh komponen masyarakat, termasuk pemerintah.

Baca juga: Pertamina kembangkan Wasteco ubah sampah jadi EBT bagi masyarakat

"Apa yang kami lakukan ini untuk membantu meringankan tugas pemerintah dalam hal pengelolaan tata kota dan kebersihan lingkungan, dan alangkah baiknya kepada masyarakat sekitar agar dapat memanfaatkan kontainer sampah yang diberikan. Kalau sudah ada wadah atau tempat pembuangan berarti harus dibuang di tempat yang telah disediakan," ujar Edi.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024