Jakarta (ANTARA) - CEO sekaligus Founder Alchemist Fragrance Naya Tinanda Nabila mengatakan pada 2022 lalu berambisi untuk menciptakan wewangian yang tak hanya memberi kesan mewah dan klasik, tapi bisa menjadi pilihan masyarakat Indonesia, serta mampu bersaing di panggung global.

Berbagai tantangan pun dihadapi Naya dan tim ketika membangun Alchemist Fragrance, salah satunya adalah soal cara mengedukasi masyarakat atas proses kreatif di balik pembuatan parfumnya yang memiliki cerita dan perasaan relevan bagi para pengguna.

“Misalnya, kami ingin setiap cerita dan perasaan di balik produk Alchemist Fragrance bisa relevan dengan pengguna parfum tersebut. Maka, kita menggandeng perfumer yang dapat memadukan berbagai aroma agar produk Alchemist Fragrance selalu unik,” kata Naya saat gelar wicara di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Label parfum ini hadirkan produk anyar terinspirasi ketenangan alam

Tantangan lainnya adalah meyakinkan pembeli tentang kecocokan parfum Alchemist Fragrance dengan karakternya. Untuk mengatasi hal ini, Alchemist Fragrance berinovasi dengan menghadirkan kuis singkat yang membantu pembeli dalam menentukan aroma yang paling sesuai dengan kepribadian.

“Selain itu, salah satu tantangan lainnya adalah meyakinkan pembeli saat mereka membeli parfum Alchemist Fragrance yang sesuai. Untuk menyiasati hal ini, kami berinovasi dengan menghadirkan kuis singkat yang dapat membantu dan memudahkan calon pembeli dalam menentukan aroma yang cocok dengan karakter mereka,” ujarnya.

Untuk meningkatkan kesadaran konsumen, Naya memanfaatkan platform-platform digital seperti TikTok dan Tokopedia. Berkat kehadiran di Tokopedia, penjualan Alchemist Fragrance meningkat dua kali lipat pada tahun 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, Alchemist aktif mengikuti berbagai kampanye Tokopedia dan TikTok seperti Cantik Fest, Tokopedia Beauty, dan Beli Lokal, yang berhasil meningkatkan nilai transaksi hingga 1,5 kali lipat dalam rentang waktu tertentu.

Dengan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan platform-platform digital, Alchemist Fragrance terus memperluas pangsa pasar dan menjadi pilihan utama bagi para pecinta parfum di tanah air.

Baca juga: Berapa kali semprotan agar parfum pancarkan wangi maksimal?

Baca juga: Kulit atau baju, mana yang sebaiknya disemprot parfum?

Baca juga: Semakin beragam, wewangian merek lokal kian diminati

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024