Jakarta (ANTARA) -
Beberapa peristiwa humaniora terjadi di Tanah Air di sepanjang Rabu (21/2). Di antaranya, puting beliung terjang dua kecamatan di Kabupaten Bandung hingga Kemenkes apresiasi program Pemprov Jabar tanggulangi TBC.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
1. Puting beliung terjang dua kecamatan di Kabupaten Bandung
 
Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung, Jawa Barat, menerjunkan personel untuk membantu proses evakuasi puing-puing material akibat puting beliung yang menerjang dua kecamatan, yakni Rancaekek dan Cicalengka, Kabupaten Bandung.
 
Wakapolresta Bandung AKBP Marully Pardede menyampaikan bencana angin puting beliung tersebut terjadi pada pukul 16.00 WIB yang berdampak pada kerusakan bangunan hingga pohon tumbang.
 
 
2. Dokter: Sakit jantung picu kelelahan berujung maut anggota KPPS
 
Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr. Mega Febrianora mengatakan penyebab terbanyak kelelahan yang berujung kematian para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) adalah penyakit jantung.
 
"Jadi kelelahan itu adalah manifestasi dari semua penyakit-penyakit yang dialami oleh seseorang," ujarnya dalam "Jangan Tunggu Sakit, Ini Tanda Kelelahan yang Pantang Diabaikan!" yang disiarkan Kementerian Kesehatan di Jakarta, Rabu.
 
 
3. BRIN lirik teknologi perangkat lunak simulasi PLTN dari Jepang
 
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melirik perangkat lunak simulasi pembangkit listrik tenaga nuklir atau PLTN dari Ontario Tech University Jepang untuk mempersiapkan setrum nuklir dalam proses transisi energi di Indonesia.
 
Kepala Organisasi Riset Tenaga Nuklir BRIN, Rohadi Awaludin, mengatakan kebijakan teknologi nuklir merupakan hal yang sangat penting untuk dipersiapkan guna mendukung target pencapaian emisi nol bersih dari sektor energi.
 
Selengkapnya baca di sini

Baca juga: BRIN lirik teknologi perangkat lunak simulasi PLTN dari Jepang

4. Peringati HPSN, Pemkab Jember tukar sampah plastik dengan bibit pohon

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinas Lingkungan Hidup bersama sukarelawan peduli lingkungan melakukan aksi gerakan menukar sampah plastik dengan bibit pohon dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 21 Februari 2024.
 
Kegiatan menukar sampah dengan bibit pohon, serta doa bersama untuk korban bencana sampah dilakukan komunitas peduli lingkungan dari World Clean Up Day Indonesia (WCDI) dan para pelajar di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pakusari, Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember, Jatim, Rabu.
 
 
5. Kemenkes apresiasi program Pemprov Jabar tanggulangi TBC
 
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Luar (P2PM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Imran Pambudi menilai program yang dilakukan oleh Jawa Barat untuk penanggulangan tuberkolosis (TBC) mulai penelusuran sampai pengolahan telah cukup baik meski kasus TBC tinggi.
 
Bahkan, kata dia, Jawa Barat (Jabar) berhasil menemukan kasus TBC sebagai langkah pertama penanggulangan sampai 100 persen dalam dua tahun terakhir.
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024