Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan meminjamkan satu unit perahu fiber untuk membantu kelancaran aktivitas warga korban banjir di Desa Karang Agung, Kecamatan Baturaja Barat.

Asisten 1 Setda OKU, Indra Susanto, di Baturaja, Kamis, mengatakan bahwa perahu tersebut diserahkan langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat kepada Kepala Desa Karang Agung, M Subri.

Dia mengatakan, Desa Karang Agung merupakan salah satu wilayah di Kabupaten OKU yang terdampak banjir sejak beberapa hari lalu.

Bahkan, satu unit jembatan gantung di desa itu putus diterjang banjir akibat luapan Sungai Ogan sehingga mengganggu aktivitas masyarakat di daerah itu.

"Sambil menunggu perbaikan jembatan kami menyiagakan satu unit perahu fiber untuk membantu masyarakat menyeberang sungai," katanya.

Baca juga: BPBD sebut banjir di OKU akibat cuaca ekstrem

Baca juga: BPBD sebut 165 hektare lahan pertanian di OKU terendam banjir


Dia menjelaskan, pinjam pakai perahu tersebut dilakukan untuk membantu mobilitas masyarakat yang akan menyeberangi Sungai Ogan saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Perahu fiber milik BPBD OKU ini kami siapkan khusus untuk operasional warga yang hendak melalukan aktivitas menyeberang sungai," jelasnya.

Sementara Kepala BPBD OKU Januar Efendi menambahkan, pinjaman perahu ini diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Karang Agung selama beberapa waktu ke depan, terutama hingga jembatan gantung diperbaiki.

Januar juga menekankan pentingnya peran kepala desa setempat dalam mengoperasikan perahu tersebut dan menjaga agar tetap berfungsi dengan baik.

"Perahu ini berkapasitas sekitar 6-7 orang penumpang," ujarnya.

Baca juga: Hujan lebat, warga OKU Selatan diminta waspada banjir bandang

Baca juga: 15 orang anak di Desa Karang Agung OKU hanyut terbawa arus banjir


Pewarta: Edo Purmana
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024