Meski demikian kita harus tetap waspada mengingat curah hujan tinggi diprediksi masih akan terjadi selama beberapa hari ke depan
Muaradua (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan (Sumsel), meminta warga meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi bencana banjir bandang akibat luapan air sungai agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD OKU Selatan, Heri Purnomo di Muaradua, Minggu, mengatakan curah hujan tinggi yang terjadi sejak beberapa hari terakhir berpotensi menimbulkan bencana banjir bandang di wilayah itu.

Apalagi, kata dia, Kabupaten OKU Selatan merupakan salah satu daerah di Sumsel yang rawan terjadi banjir bandang, sehingga harus diwaspadai agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Baca juga: Warga OKU Selatan diminta waspada pada potensi bencana susulan

Seperti banjir bandang yang melanda ratusan rumah warga di enam kecamatan di OKU Selatan pada awal Juli 2023, lanjutnya, harus menjadi pelajaran karena masih menyisakan luka mendalam bagi masyarakat, terutama para korban.

Bahkan, menurut Heri Purnomo, beberapa hari lalu peristiwa yang sama nyaris terulang,  dimana satu unit rumah warga di Desa Pulau Duku, Kecamatan Mekakau Ilir, terendam banjir dengan ketinggian air mencapai satu meter.

"Beruntung banjir tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Meski demikian kita harus tetap waspada mengingat curah hujan tinggi diprediksi masih akan terjadi selama beberapa hari ke depan," katanya.

Baca juga: Puluhan rumah warga OKU Sumsel terendam banjir

Sebagai upaya antisipasi, pihaknya telah menerjunkan personel dan mendirikan posko di sejumlah daerah rawan bencana agar banjir dapat ditanggulangi sedini mungkin, termasuk pihaknya menyiapkan semua peralatan penanggulangan bencana seperti perahu karet dan tenda darurat guna  menghadapi potensi bencana alam di wilayah itu.

"Selain itu kami melakukan pemantauan cuaca dari BMKG selama 1x24 jam untuk diteruskan peringatan dini kepada masyarakat di Kabupaten OKU Selatan agar tetap waspada," ujar Heri Purnomo.

Baca juga: Pemkab OKU Selatan gelar simulasi penanggulangan bencana alam

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024