Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara mempersiapkan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di daerah setempat menjadi pelaku ekonomi kreatif melalui pelatihan dan bimbingan teknis.

"Kami melakukan bimbingan terhadap siswa SMK jurusan Desain Komunikasi Visual di enam kecamatan Jakarta Utara," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Jakarta Utara, Shinta Nindyawati di sela Bimbingan Kreatif Pengembangan Ekonomi Kreatif di Bidang Fesyen, Kriya dan Desain Grafis di Jakarta, Kamis. 

Ia mengatakan bimbingan teknis Kamis ini diberikan bagi tiga sub sektor parekraf dari 17 sub sektor yang ada.

"Ketiganya adalah fesyen, kriya dan desain grafis yang kami berikan pelatihan melalui bimbingan kreatif," kata dia.

Menurut dia, karena pelatihan di bidang fesyen dan kriya sudah banyak pelatihan dan pihaknya fokus terhadap desain grafis ini kepada siswa SMK dengan jurusan Desain Komunikasi Grafis (DKV).

Baca juga: Parekraf Jakbar ajak pelajar promosi Kota Tua lewat konten digital

Ia mengatakan sebagai salah satu pembina kegiatan ekonomi kreatif pihaknya berupaya memberikan motivasi terhadap seluruh binaan

"Kami beri ruang untuk desain grafis dari pelaku dari 11 SMK yang ada di Jakarta Utara," kata dia.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini akan muncul pelaku usaha desain grafis baru yang memiliki bakat terbaik sehingga mereka dapat berkembang lebih baik ke depan.

"Kami juga berikan masukan dari pelaku usaha yang sudah masuk pasar domestik dan promosi ke luar negeri sehingga mereka semakin bersemangat dalam mengedepankan potensi mereka," kata dia.

Baca juga: Sudin Parekraf Jakpus selenggarakan bimbingan teknis kewirausahaan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024