Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menutup dan memperbaiki eskalator di Stasiun Manggarai, setelah terjadi gangguan atau rusak pada Rabu (21/2).

"Agar tidak terjadi hal serupa, kami menutup eskalator tersebut," kata External Relations & Corporate Image Care PT KCI Leza Arlan di Jakarta, Kamis, ketika dimintai tanggapan terkait gangguan eskalator di Stasiun Manggarai.

Menurut dia, kejadian tersebut terjadi pada Rabu (21/2) sekitar jam 18.06, atau pada saat para penumpang kereta sedang menggunakan eskalator untuk menuju ke peron 11 dan 12.

Leza mengatakan bahwa eskalator yang berada di lantai satu itu memang secara normal mengarah ke atas menuju peron 11 dan 12, namun tiba-tiba bergerak berbalik arah ke arah bawah.

Kejadian tersebut kata Leza, membuat beberapa pengguna yang pada saat itu sedang berada di eskalator menuju ke arah peron terjatuh.

Baca juga: Stasiun Manggarai padat penumpang pada hari libur nasional

"Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban, petugas pengamanan yang berjaga di sekitar eskalator secara sigap membantu pengguna yang terjatuh," katanya. 

Ia mengatakan, selain menutup eskalator itu, pihaknya berkoordinasi dengan Ditjen Perkeretaapian dalam hal ini Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas satu Jakarta untuk pemeriksaan dan perbaikan eskalator tersebut.

Leza menambahkan, selain fasilitas eskalator dan lift yang diperuntukkan untuk pengguna prioritas saat menuju peron 11 dan 12 di Stasiun Manggarai, tersedia juga fasilitas tangga manual di sisi selatan dan di tengah hal lantai satu stasiun.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak kepada pengguna yang masih mampu menggunakan tangga manual, untuk menggunakannya saat akan menuju peron atau sebaliknya.

"Kami juga mengimbau untuk selalu mengutamakan keselamatan dengan selalu mengikuti arahan dan informasi dari petugas di stasiun," katanya.

Baca juga: Kemenhub bakal bangun tangga tambahan di Stasiun Manggarai Jakarta

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024