Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan pasar seni pertunjukan Indonesia termasuk seni kontemporer di dalamnya sangat potensial untuk dikembangkan dan menjadi peluang untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Festival seni termasuk seni pertunjukan sangat potensial untuk mencapai dan mendukung dua hal sekaligus yakni industri kreatif dan menarik wisatawan dari sisi pariwisata," kata Menparekraf Mari Elka Pangestu di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, ada beberapa seni pertunjukan di Indonesia yang telah berhasil tidak hanya menjadi ikon budaya, tetapi juga memberikan dampak positif untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Mari mencontohkan, Pekan Kebudayaan Bali (PKB) yang telah masuk dalam kalender "event" nasional terbukti mampu mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan sekitarnya.

"Kami mendorong lebih banyak daerah untuk membuat event-event serupa karena potensi ini layak dikembangkan lebih luas," ucapnya.

Contoh lain adalah "Solo International Performing Art" di Solo, Jawa Tengah yang tahun ini memasuki penyelenggaraan keempat.

Kegiatan itu juga dinilai mampu membentuk ikon budaya Solo yang lebih kuat di samping mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah itu.

Pihaknya berharap event-event serupa terus berkembang, sehingga bisa dijadikan daya tarik wisata seperti di luar negeri, misalnya, Festival Edinburg di Skotlandia yang telah berusia ratusan tahun dan digelar sebulan penuh.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013