Medan (ANTARA) - Bupati Kabupaten Toba Poltak Sitorus menyebutkan persiapan ajang F1 Powerboat atau F1H2o yang akan dilaksanakan di Kawasan Danau Toba pada 2-3 Maret sudah mencapai 92 persen.

"Kita sudah berpengalaman dari acara powerboat sebelumnya, jadi untuk tahun ini persiapannya sudah 92 persen," ujar Poltak Sitorus pada temu pers, di Medan, Kamis.

Poltak Sitorus menjelaskan pihaknya bersama pemangku kebijakan terkait sudah melakukan rapat koordinasi untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan pada ajang balap air internasional tersebut.

"Kami seluruh kabupaten se-Kawasan Danau Toba siap mendukung penuh, kita sudah mempersiapkan segala hal mulai dari kebersihan, keamanan, transportasi, penginapan dan yang lainnya. Hal itu guna memberi kenyamanan penonton pada ajang tersebut," kata Poltak Sitorus.

Baca juga: Bupati Toba: F1Powerboat dorong peningkatan wisatawan ke Danau Toba

Poltak menilai persiapan F1 Powerboat 2024 yang digelar di Kawasan Danau Toba ini berjalan sesuai rencana atau tidak memiliki kendala karena sudah belajar dari pengalaman F1 Powerboat tahun lalu.

"Kita memastikan kenyamanan para penonton, kita sudah mempersiapkan yang terbaik untuk ajang ini," sebutnya

Kejuaraan Dunia F1 Powerboat pada 2-3 Maret 2024 menjadi penyelenggaraan kedua di Danau Toba setelah sebelumnya Kejuaraan Dunia F1 Powerboat berlangsung pada 24-26 Februari 2023.

Kejuaraan dunia perahu cepat tahun ini menghadirkan sejumlah pembalap kelas internasional akan dirangkai dengan Kejuaraan Nasional Aquabike Indonesia Championship 2024

"AIC atau Aquabike Indonesia Championship akan diselenggarakan bersamaan dengan F1Powerboat di tempat yang sama," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney Maya Watono.

AIC merupakan Kejuaraan Nasional Aquabike yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam rangka pembinaan atlet jetski lokal. Dalam ajang ini akan digelar dua kategori yakni endurance dan paralel slalom yang akan diikuti sekitar 20 pembalap nasional.

Kesempatan ini akan membuka peluang bagi para atlet untuk meningkatkan performa terbaik mereka demi menggapai harapan bisa berlaga di kejuaraan internasional di lokasi yang sama.

Baca juga: Bupati harap wisata jetski Samosir makin menggeliat usai Aquabike 2023
Baca juga: Menparekraf : F1Powerboat berdampak luas pada perekonomian 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024