Palembang (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia menyediakan 68 ribu lembar tiket kereta api komersial untuk seluruh kereta di Jawa dan Sumatera dengan jumlah 38 unit kereta kelas eksekutif dan bisnis.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia divisi regional III (PT KAI Divre III) Sumatera Selatan, Bambang S Prayitno di Palembang, Jumat menjelaskan, perusahaan itu meluncurkan program tarif promo "September Ceria" dengan tarif Rp30 ribu hingga Rp50 ribu untuk kereta api komersial kelas eksekutif dan bisnis.

Tikat promo ini, kata dia, berlaku mulai penjualan atau pemesanan per 1 -- 25 September 2013 untuk keberangkatan kereta api (ka) mulai tanggal 1 -- 30 September 2013 dengan menyediakan 68.000 tempat duduk.

Dijelaskannya, di wilayah Divisi Regional III Sumatera Selatan, kereta Api yang mendapatkan tarif promo "September Ceria" adalah KA Sindang Marga dari Stasiun Kertapati (Palembang) tujuan Lubuklinggau (Kabupaten Musirawas).

Selanjunya, KA sriwijaya trayek Kertapati tujuan Tanjung Karang (Provinsi Lampung) untuk rute pulang pergi.

Mengenai tarif tiket promo tersebut kelas eksekutif Rp50 ribu dan kelas bisnis Rp30 ribu, katanya.

Ia menjelaskan, program tarif promo "September Seria" tersebut dimaksudakan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan calon penumpang yang hendak berpergian.

Di samping tarif promo murah, juga calon penumpang selama dalam perjalanan dapat menikmati kenyamanan dan aman.

Ia berharap, para calon penumpang memanfaatkan kesempatan tarif tiket promo, karena pihak perusahaan akan selalu berupaya memberikan rasa nyaman dan puas dengan cara menyuguhkan pelayanan yang semakin baik.

Selanjutnya untuk memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2013 PT KAI kembali memberikan potongan tarif sebesar 28 persen kepada Pemuda-pemudi berusia 28 tahun yang lahir setelah tanggal 28 oktober 1985. Tema promo tiket diskon adalah "Semangat Pemuda 28".

Persyaratan lainnya untuk tarif promo diskon 28 persen ini adalah memberikan foto copy identitas pelajar atau mahasiswa dan mahasiswi serta menunjukan aslinya saat pemesanan tiket, batas usia 28 tahun,

Pembelian tiket ini berlaku hanya di loket penjualan di stasiun Online, dan berlaku untuk keberangkatan tanggal 1 sampai 30 oktober 2013, katanya.

Ia menambahkan, KA yang berlaku tiket promo adalah kereta komersial Sindang Marga Relasi Kertapati-Lubuk Linggau pulang pergi dan KA Sriwijaya relasi Kertapati Tanjungkarang pulang pergi, serta 36 KA komersial (kelas eksekutif/Bisnis) lainnya di pulau jawa.

Ia berharap, di samping meningkatkan minat menggunakan Kereta api, juga promo diskon ini memberikan apresiasi kepada generasi muda untuk lebih mencintai kereta api sebagai angkutan massal dan menjadi transportasi pilihan.

(M033/M009)

Pewarta: Muhammad Suparni
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013