Medan (ANTARA) - Bupati Kabupaten Toba Poltak Sitorus menargetkan kejuaraan F1 Powerboat atau F1H2o yang akan dilaksanakan di Kawasan Danau Toba pada 2-3 Maret dihadiri 80.000 lebih penonton.

"Seperti yang saya bilangi tadi, kita manargetkan akan dihadiri 80.000 penonton," ujar Poltak Sitorus usai temu pres, di Medan Kamis.

Pihaknya optimistis target tersebut akan tercapai karena kejuaraan perahu cepat internasional itu sudah dipersiapkan dengan baik oleh semua pemangku kebijakan terkait.

"Ajang internasional itu dirangkai dengan sejumlah kegiatan lain, seperti festival budaya, UMKM, hiburan band- band papan atas yang akan memeriahkannya," kata Poltak Sitorus.

Menurutnya, dengan dihadiri ribuan
penonton pada kejuaraan internasional tersebut akan memberikan dampak perekonomian yang baik bagi masyarakat di wilayahnya.

"Kejuaraan ini dapat meningkatkan wisatawan untuk berkunjung di Danau Toba," sebutnya.

Oleh karena itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat berkolaborasi dalam segala hal untuk menyukseskan kejuaraan perahu cepat internasional tersebut.

"Kita sudah mempersiapkan dengan baik, agar para wisatawan merasa nyaman saat menyaksikan ajang tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan kejuaraan balap perahu bermesin F1 Powerboat akan semakin meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia dalam menggelar kejuaraan berkelas dunia

"Event F1 Powerboat perahu bermesin ini membuat kepercayaan dunia kepada Indonesia terkait sebagai hosting event-event kelas dunia tiap tahun meningkat," ujar Dito Ariotedjo.

Baca juga: Bupati Toba: Persiapan F1 Powerboat sudah 92 persen

Ia mengatakan, kejuaraan tersebut akan mempertegas kemampuan Indonesia sebagai tuan rumah dalam mengadakan acara-acara besar yang berkelas dunia.

"Semoga event ini bisa menjadi salah satu destinasi orang yang ingin melihat Indonesia, setelah kita melaksanakan pemilu, tetapi Indonesia siap menyelenggarakan kejuaraan kelas dunia," kata dia.

Kejuaraan Dunia F1 Powerboat pada 2-3 Maret 2024 menjadi penyelenggaraan kedua di Danau Toba setelah sebelumnya Kejuaraan Dunia F1 Powerboat berlangsung pada 24-26 Februari 2023.

Kejuaraan dunia perahu cepat tahun ini menghadirkan sejumlah pembalap kelas internasional akan dirangkai dengan Kejuaraan Nasional Aquabike Indonesia Championship 2024

"AIC atau Aquabike Indonesia Championship akan diselenggarakan bersamaan dengan F1Powerboat di tempat yang sama," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney Maya Watono.

Baca juga: Menparekraf : F1Powerboat berdampak luas pada perekonomian 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024