Calender of Event Provinsi Kalimantan Barat dan merupakan salah satu upaya perwujudan percepatan pembangunan ekonomi kreatif
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat meluncurkan Calendar of Event Pariwisata Kalbar yang merupakan program strategis dalam upaya untuk mempromosikan keindahan destinasi wisata dan keunikan budaya yang ada di daerah itu.

"Calender of Event Provinsi Kalimantan Barat dan merupakan salah satu upaya perwujudan percepatan pembangunan ekonomi kreatif," kata Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson saat membuka Hari Puncak Saprahan Khatulistiwa, Launching Calendar of Event Kalbar tahun 2024 dan Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pemasaran Pariwisata di Pontianak, Jum’at.

Dia mengatakan, pada tahun ini ada dua event Kalbar yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara. Cap Go Meh Singkawang masuk dalam top 10 Kharisma Event Nusantara dan Gawia Sowa masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara.

Event ini menjadi suatu daya tarik untuk membuat wisatawan datang ke Kalimantan Barat. Diupayakan agar sektor pariwisata menjadi tulang punggung ke depan di dalam transformasi ekonomi.

"Dengan demikian apabila industri pariwisata nya semakin kuat pasti ekonomi akan tumbuh dengan kuat, diharapkan juga untuk memperluas jaringan dan event harus juga dibuat dengan baik, event tidak harus wisata budaya," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Harisson mengatakan, merupakan sebuah kehormatan bagi Pemprov Kalimantan Barat, karena penyelenggaraan rangkaian acara ini menjadikan Kalimantan Barat sebagai tuan rumah.

"Atas nama masyarakat Kalimantan Barat, kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia atas komitmen memajukan perekonomian Kalimantan Barat melalui sektor pariwisata dan UMKM," kata Harisson.

Melalui pelaksanaan event pariwisata yang ada, Pj Gubernur berharap dapat menjadi magnet untuk menarik kunjungan wisatawan baik wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk datang ke berbagai destinasi wisata yang ada di Kalimantan Barat, dan menikmati keindahan alam serta atraksi budaya yang ada.

Event pariwisata merupakan penggerak tumbuhnya sektor lain. Melalui event pariwisata, pertumbuhan sektor lain secara tidak langsung tumbuh untuk melengkapi event yang dilaksanakan.

"Di awal 2024, pelaksanaan 3 event dalam Calendar of Event Kalbar antara lain : Saprahan Khatulistiwa, Kalbar Food Festival dan Cap Go Meh Singkawang, merupakan langkah awal dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara. Diharapkan wisatawan dapat menikmati pengalaman event-event pariwisata dan budaya di Kalimantan Barat," katanya.

Baca juga: BI-Dinas Pariwisata Kalbar gelar wisata Saprahan Khatulistiwa 2024

Baca juga: Kalbar menggelar lima agenda besar pariwisata di bulan Februari

Baca juga: Warga Kalbar diajak lestarikan sungai majukan pariwisata Sungai Kapuas

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024