teri nasi ini ternyata punya kandungan arginin yang tinggi
Jakarta (ANTARA) - Dokter Gizi Medik dr Dyah Arum mengungkapkan ikan laut memiliki kandungan yang kaya akan asam amino esensial yang baik untuk tubuh.

"Teri jengki, ikan kembung, ikan cakalang, kerapu, ikan layur, dan teri nasi ini ternyata punya kandungan arginin yang tinggi," katanya dalam diskusi kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.

Dyah mengungkapkan arginin merupakan salah satu asam amino yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan atau menambah tinggi badan dari anak. Selain itu, arginin juga bisa membantu untuk menambah panjang tulang.

Di samping itu, sambungnya, ikan-ikan kecil seperti teri memiliki kandungan kalsium hingga 2.000 mg per 100 gram, angka tersebut jauh di atas susu yang selama ini dikenal sebagai sumber kalsium yang baik, yakni sekitar 100 mg per 100 gram.

Dyah menyebut ikan teri yang tidak diasinkan bisa menjadi alternatif sumber kalsium yang dapat dikonsumsi, karena harganya cenderung terjangkau di pasaran dibandingkan dengan susu.

"Kemudian bisa juga diolah untuk berbagai macam jenis masakan, punya kandungan protein, lemak yang baik, dan mikronutrien, kalsium, zat besi, asam folat, dan lain-lain ini juga oke sekali," ujarnya.

Baca juga: Mengenal ikan sidat, sumber protein yang lebih baik dari salmon
Baca juga: Dokter: Nutrisi dalam udang bermanfaat bagi kulit hingga tulang


Menurut dia, tidak hanya ikan laut, ikan air tawar atau payau juga memiliki kandungan gizi yang baik, di antaranya seperti lele, mujair, nila, gurame, sidat, dan belut yang tidak kalah kandungan gizinya dibandingkan dengan ikan salmon.

Belut, kata dia, memiliki nilai kalori, protein, dan lemak yang baik untuk dikonsumsi oleh manusia, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

"Udah gitu ikan belut itu lembut banget, jadi dia bisa sekali-sekali kita berikan sebagai MP ASI anak kita, atau pada balita-balita kita," ucapnya.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada masyarakat untuk rajin mengonsumsi ikan, karena makanan yang bergizi untuk tubuh, dan baik untuk tumbuh kembang anak tidak selalu berupa makanan yang mahal.

Baca juga: Pakar: Konsumsi ikan yang cukup pada ibu hamil bisa cegah stunting
Baca juga: Ikan patin, sumber lemak baik dengan harga lebih terjangkau
Baca juga: Kenali 10 manfaat minyak hati ikan cod

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024