Samarinda (ANTARA) -
Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam Samarinda, Kalimantan Timur, menyatakan kesiapannya untuk melayani pengobatan dan pemulihan mental para calon anggota legislatif (caleg) peserta Pemilu 2024 yang gagal lolos menjadi anggota dewan.
 
Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSJD Atma Husada Samarinda, Rahmawati, Jumat, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan ruangan dan fasilitas sesuai dengan kelas perawatan yang dibutuhkan pasien, baik kelas 1, 2, maupun kelas 3.
 
"Kami tidak membeda-bedakan pasien, baik yang memiliki jaminan BPJS Kesehatan maupun tidak. Kami siap melayani sesuai dengan kelas jaminannya. Kami memberikan perhatian khusus kepada mereka," ujarnya.
 
Rahmawati melanjutkan, RSJD Atma Husada Samarinda juga memiliki tiga psikolog klinis yang siap membantu pasien yang ingin berkonsultasi atau berdiskusi tentang masalah yang dihadapi.
 
Menurut dia, sampai saat ini belum ada caleg gagal yang datang ke RSJD Atma Husada Samarinda. Namun, ia tidak menutup kemungkinan ada yang langsung berkonsultasi ke praktik mandiri psikiater atau psikolog.

Baca juga: Tim sukses caleg di Jakarta Barat akui berhalusinasi

Baca juga: Sejumlah caleg ke RSUD Aceh keluhkan sakit kepala hingga asam lambung
 
Psikolog dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Ayunda Ramadhani, mengatakan bahwa caleg yang gagal dalam Pemilu 2024 perlu mendapatkan konsultasi kesehatan mental untuk mengatasi kekecewaan dan stres yang dialami.
 
"Sudah ada beberapa yang datang ke tempat praktik. Memang keluhan yang paling sering itu adalah tidak bisa tidur dan kekhawatiran berlebihan akibat depresi karena belum terpilih," katanya.
 
Hal itu, katanya, menimbulkan perasaan yang dirasakan tidak nyaman, dan itu munculnya bisa dalam keluhan sulit tidur, perubahan selera makan, atau tidak bisa fokus dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. "Kalau sudah mengganggu, saatnya butuh konsultasi lanjutan," ujar Ayunda.

Ia menyarankan caleg gagal agar tidak menyalahkan diri sendiri atau orang lain, tetapi mencari dukungan sosial dari keluarga, teman, atau orang yang dipercaya. "Kalau perlu, cari aktivitas yang menyenangkan, misalnya olahraga, hobi, atau beribadah. Kalau memang merasa tidak bisa mengatasi sendiri, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional, seperti psikolog atau psikiater," jelas Ayunda.

Baca juga: Peserta Pemilu 2024 diajak cari bantuan saat hadapi tekanan mental

Baca juga: Psikiater: Dukungan keluarga sangat penting cegah depresi caleg gagal

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024