Meulaboh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengingatkan sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa melalui peringatan 125 tahun gugurnya pahlawan nasional, Teuku Umar Johan Pahlawan yang dipusatkan di Gunung Mugo, Kecamatan Panton Reue, kabupaten setempat.

“Semoga semangat kepahlawanan Syahid Teuku Umar terus menginspirasi kita dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara,” kata Penjabat Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi di Meulaboh, Jumat.

Menurutnya, peringatan syahidnya pahlawan nasional Teuku Umar Johan Pahlawan, untuk mengingatkan generasi bangsa akan pentingnya memelihara dan menghargai sejarah, serta semangat perjuangan yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu bangsa ini.

Di samping itu, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk mengenalkan kembali sejarah kepada generasi muda agar mereka dapat menghargai dan mewarisi semangat perjuangan para pahlawan.

Mahdi mengatakan, peringatan ini bukan hanya sekadar mengenang jasa-jasa Teuku Umar Johan, akan tetapi sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

“Terima kasih atas partisipasi warga yang sangat pro aktif dalam peringatan ini hingga rangkaian acara berlangsung sukses. Semoga semangat nasionalisme dan patriotisme semakin menggelora di hari semua warga Aceh Barat,” kata Mahdi.

Baca juga: Aceh Barat peringati syahid pahlawan Teuku Umar melalui napak tilas
Baca juga: Pemkab Kudus usulkan KH Raden Asnawi sebagai pahlawan nasional

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024