"PSU hari ini berjalan aman, tertib dan lancar,"
Pangkalpinang (ANTARA) - KPU Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2024 di TPS 01 Kelurahan Kacang Pedang pada Sabtu (24/2/2024).

"PSU hari ini berjalan aman, tertib dan lancar," kata Ketua KPU Kota Pangkalpinang Husin saat memantau PSU di TPS 01 Kelurahan Kacang Pedang, Sabtu.

Ia mengatakan PSU di TPS 01 Kelurahan Kacang Pedang Kecamatan Gerunggang ini sesuai rekomendasi Bawaslu, Panwascam dan hasil rapat pleno sesuai perundang-undangan kepemiluan yang berlaku.

"PSU di TPS 01 ini hanya dilakukan satu jenis yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden, sementara pemilihan legislatif DPD, DPR RI, DPRD provinsi dan kota tidak dilakukan PSU," katanya.

Ia menyatakan dalam menyukseskan PSU di TPS 01 Kelurahan Kacang Pedang ini, KPU Kota Pangkalpinang telah melakukan seluruh proses PSU, mulai dari penyiapan logistik, petugas KPPS, PPK meskipun petugas PPK ini tengah melaksanakan rekapitulasi penghitungan suara serta menerjunkan aparat kepolisian untuk pengamanan PSU ini.

"Kami mempersiapkan PSU ini hingga dini hari tadi, mengingat dinamika politiknya begitu keras," ujarnya.

Menurut dia PSU di TPS 01 ini sama dengan pemilu sebelumnya pada Rabu (14/2) dan hasil dari PSU ini adalah hasil pemungutan pemilu yang akan diplenokan lagi di tingkat kecamatan.

Pemungutan suara PSU ini dimulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan penghitungan suara.

"Kami berharap tingkat partisipasi masyarakat di PSU ini minimal bertahan pada pemilu kemarin. Jumlah pemilih kemarin diharapkan hadir kembali menggunakan hak pilihnya," katanya.

Ketua PPS TPS 01 Kelurahan Kacang Pedang Akta Susila mengatakan PSU ini karena adanya pemilih ber-KTP luar daerah yang memaksa untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu kemarin red-Rabu (14/2) di TPS 01 Kelurahan Kacang Pedang.

"Ada 13 orang pemilih ber-KTP luar daerah ini yang memaksa untuk menggunakan hak pilih memilih calon presiden pada pemilu kemarin, sehingga panwascam merekomendasikan PSU di TPS ini," katanya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024