Makassar (ANTARA) - Sebanyak 30 guru penggerak jenjang TK, SD, dan SMP se-Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Standarisasi Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah yang diselenggarakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Luwu Timur.

Bimtek yang bertujuan meningkatkan daya literasi tenaga pendidik di Kabupaten Luwu Timur ini digelar di Makassar, 24-26 Februari 2024.

“Kegiatan ini salah satu upaya kita agar para guru penggerak bisa meningkatkan daya literasi serta kemampuan dalam penulisan dan publikasi artikel ilmiah,” kata Bupati Luwu Timur Budiman saat membuka kegiatan bimtek, di Makassar, Sabtu.

Baca juga: Kota Tangerang miliki 77 guru penggerak, tingkatkan mutu pendidikan

Menurut dia, tenaga pendidik khususnya guru penggerak sebagai role model guru berprestasi memiliki peran yang sangat sentral untuk memberikan dampak positif, motivasi dan inspirasi bagi tenaga pendidik di Kabupaten Luwu Timur.

Oleh karena itu, kata Budiman, penting bagi guru penggerak untuk dibekali bimbingan semacam ini sebagai wadah pengembangan potensi guru penggerak agar dapat ditransformasi kepada tenaga pendidik dan kependidikan lainnya di Kabupaten Luwu Timur.

Dia berharap peserta yang mengikuti kegiatan ini agar menggunakan waktu yang dimiliki dengan sebaik-baiknya, sehingga tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai secara optimal.

“Kepada seluruh peserta, saya berharap untuk bersungguh sungguh mengikuti kegiatan ini, memanfaatkan kesempatan baik ini,” ujar Budiman kepada peserta bimtek.

Baca juga: Guru Jayapura: Guru Penggerak ciptakan paradigma baru pembelajaran

Sementara itu, Kepala BKPSDM Lutim Rosmiyati Alwy melaporkan bimtek ini terlaksana atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dengan Macca Indonesia Foundation (MIND).

Dalam kegiatan ini, kata Rosmiyati Alwy, peserta mendapatkan penguatan materi dari Asesor Jurnal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sekaligus Guru Besar Fakultas Hukum Unhas Prof Dr Irwansyah tentang penguatan Standar Dasar Struktur Artikel Jurnal Ilmiah dan Perspektif Asesor dalam Penilaian Substansi Artikel.

Narasumber lainnya yakni Asesor Jurnal Kemendikbudristek sekaligus Dosen Fakultas Hukum Unhas Ahsan Yunus tentang Penguatan Perspektif Editor Penilaian Mutu Kualitas dan Penguatan Perspektif Editor Penilaian Mutu Kualitas Penilaian.

Baca juga: Disdikbud Samarinda nilai EPP dari PSF lengkapi program guru penggerak

“Selain paparan dari kedua pemateri tersebut, juga akan ada sesi materi dari Direktur Macca Indonesia Foundation (MIND) Haeril Al Fajri,” ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024