Jakarta (ANTARA) - Pembalap Aruba.It Ducati Nicolo Bulega langsung mendominasi dan mencatatkan kemenangan perdana pada debutnya di kelas balap World Superbike (WSBK) Race 1 di Sirkuit Phillip Island, Australia, Sabtu.

Dikutip dari keterangan resmi WSBK, ini merupakan pertama kalinya bagi juara bertahan World Supersport (WSSP) yang memenangkan balapan Superbike pada hari pertama debutnya di kelas balap ini.

“Mungkin ini hari terbaik dalam hidup saya! Sulit untuk mempercayainya, tapi ini adalah sesuatu yang luar biasa. Saya sudah memimpikan hal ini selama berbulan-bulan, dan sekarang menjadi kenyataan,” kata Bulega.

Tak hanya menjadi kemenangan balapan utama pertamanya, Bulega juga mencatatkan rekor putaran (lap) baru sekaligus merebut pole pada sesi kualifikasi hari ini.

Baca juga: Nicolo Bulega debut WSBK, gantikan posisi Rinaldi di Ducati

Pembalap asal Italia itu mengaku merasa emosional karena ia menilai terlalu banyak hal indah yang bisa ia kenang dari balapan pertama di Phillip Island pada musim rookie-nya ini.

“Ini adalah sesuatu yang istimewa dan tidak akan pernah saya lupakan. Saya mulai menangis, ada emosi campur-aduk saat saya melihat semua teman dan tim saya di garis finis tersenyum lebar menyambut saya,” kenang Bulega.

“Tim ini seperti keluarga bagi saya, mereka selalu percaya pada saya. Saya akan mencoba untuk memberi mereka lebih banyak lagi senyuman setelah (balapan) ini,” ujarnya menambahkan.

Finis di posisi dua, ada Andrea Locatelli (Pata Prometeon Yamaha) menunjukkan kecepatan dan strategi yang mengesankan dengan selisih waktu 2,280 detik dari pemimpin balapan.

Pembalap lain yang baru memulai debut WSBK-nya, Andrea Iannone (Team GoEleven) mengamankan posisi ketiga setelah memimpin di tahap awal balapan, terpaut 2,630 detik dari Bulega.

Baca juga: Bulega dan Caricasulo bersaing sengit di Superpole WSPP Mandalika

Podium di Race 1 WSBK Australia ini pun diisi oleh tiga pembalap Italia, mengulangi pencapaian yang terakhir dibukukan pada tahun 1993.

Alex Lowes (Kawasaki Racing Team) menunjukkan daya saing yang kuat dengan finis di posisi keempat, diikuti oleh Toprak Razgatlioglu (ROKiT BMW Motorrad), yang menyelesaikan balapan di posisi kelima.

Sementara itu, juara bertahan Alvaro Bautista (Aruba.it Ducati) dan Jonathan Rea (Pata Prometeon Yamaha) terlihat kesulitan menemukan ritmenya, akhirnya masing-masing finis di posisi ke-15 dan 17.

WSBK Australia masih akan bergulir pada Minggu (25/2) mulai pukul 09.00 WIB untuk sesi kualifikasi dan Race 2.

 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024