Jakarta (ANTARA) - Perusahaan chipset MediaTek mengumumkan bahwa chipset keluaran terbaru mereka dirancang untuk mengoptimalkan pengembangan model kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dari Google, yaitu Gemini Nano.

Gemini Nano sendiri sebenarnya telah diperkenalkan Google pada tahun lalu namun memang hanya tersedia di perangkat tertentu.

Dengan pengumuman MediaTek tersebut, itu artinya Gemini Nano bakal hadir ke lebih banyak perangkat mengingat chipset terbaru yang dimaksud, yaitu Dimensity 9300 dan Dimensity 8300 bakal diperuntukkan untuk gawai-gawai flagship yang makin diminati.

MediaTek menjelaskan dalam pengumuman tersebut bahwa pihaknya sengaja berkolaborasi dengan Google untuk mengintegrasikan dan mengoptimalkan Gemini Nano.

Baca juga: MediaTek siap produksi massal cip dengan proses 3nm TSMC di 2024

Baca juga: MediaTek siap produksi massal cip dengan proses 3nm TSMC di 2024


Perusahaan asal China itu juga menyebutkan Gemini Nano sebagai Model Bahasa Besar atau Large Language Model (LLM) dari Google yang dirancang untuk menghadirkan AI Generatif pada perangkat ke ponsel pintar.

Maka dari itu untuk mewujudkannya kedua pihak berkolaborasi menggunakan toolkit NeuroPilot MediaTek dan porting Gemini Nano ke APU MediaTek untuk meningkatkan kinerja dari chipset tersebut.

Hal itu memang tidak secara langsung menyebabkan Gemini Nano tersedia di ponsel yang ditenagai oleh chip MediaTek, namun itu berarti dukungannya mungkin akan jauh lebih mudah apabila produsen ponsel mau menghadirkan kemampuan AI Generatif dari Gemini Nano.

MediaTek kemudian menambahkan informasi bahwa aplikasi (APK) untuk produsen gawai akan segera tersedia untuk lebih mempermudah menyebarkan aplikasi Gemini Nano.

Di samping itu, MediaTek juga telah mengumumkan bahwa di MWC 2024 pekan depan mereka akan memamerkan AI generatif pada perangkat menggunakan Llama 2 LLM.

Kecanggihan itu juga akan ditampilkan sebagai bagian dari kemampuan Dimensity 9300 dan 8300. Demikian dilaporkan oleh 9 to 5 Google, Jumat (23/2).

Baca juga: MediaTek rilis Dimensity 8300 tawarkan hemat daya untuk ponsel 5G

Baca juga: Mediatek gandeng NVIDIA hadirkan produk menuju industri otomotif


 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024