Jakarta (ANTARA) -
Tahun ini, pada 2-3 Maret, menjadi tahun kedua dari kontrak lima tahun penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.
 
Olahraga yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu di bawah naungan Union Internationale Motonautique (UIM) World Championship dan direncanakan digelar di Dermaga Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut).
 
Di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan kelas dunia tersebut.
 
Salah satu perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan BUMN yang lain.
 
Kemudian, ada Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Pemerintah Provinsi (Pemprov ) Sumatera Utara, Pemerintah Kabupaten Toba, serta pemkab se-kawasan danau vulkanik terbesar di dunia tersebut.
 
Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengatakan bahwa perlombaan itu sebagai salah satu upaya berkelanjutan untuk membangun destination branding Danau Toba.
 
Danau Toba merupakan salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan empat lainnya, yaitu Candi Borobudur (Jawa Tengah), Likupang (Sulawesi Utara), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), dan Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur).
 
Dia menyatakan, pengembangan destinasi pariwisata butuh upaya berkelanjutan, sehingga melalui F1 Powerboat akan memberikan dampak yang luar biasa, serta dampak ekonomi jangka panjang mencapai lebih dari Rp1,7 triliun.
 
F1 Powerboat Danau Toba tahun ini menjadi spesial, karena merupakan edisi ke-300 sejak pertama kali digelar pada 1984 di 39 negara.
 
Balapan pembuka seri F1H2O UIM World Championship 2024 itu akan diikuti sebanyak 18 pembalap dari sembilan negara.
 
Tim yang terkonfirmasi mengikuti balapan di Danau Toba ada sembilan, yaitu Team Binh Dinh-Vietnam (Swedia), Victory Team (Uni Emirat Arab), Team Abu Dhabi (Uni Emirat Arab), China CTIC Team (Prancis), F1 Atlantic Team (Portugal), Red Devil-SMC F1 Team (Finlandia), Sharjah (Uni Emirat Arab), Stromoy Racing (Norwegia), dan Maverick Racing (Prancis).
 
Menpora Dito Ariotedjo mengatakan kejuaraan balap perahu motor akan semakin meningkatkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia dalam menggelar perlombaan berkelas dunia.
 
Dengan balapan itu, akan mempertegas posisi Indonesia sebagai negara yang mampu menjadi tuan rumah dalam kegiatan bertaraf internasional.

Baca juga: XL Axiata siapkan keandalan jaringan dukung F1Powerboat Danau Toba
Baca juga: InJourney terus majukan destinasi pariwisata di lima DTSP
Baca juga: F1Powerboat Danau Toba dirangkai dengan Kejuaraan Nasional Aquabike


Halaman berikut: F1 Powerboat dongkrak pariwisata nasional

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024