... semua kepala negara mendapat perlakuan pengamanan sama... "
Nusa Dua (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan tiba di Bali Sabtu, 5 Oktober, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Negara Asia Pasifik, 6-8 Oktober 2013.

"Tetapi itu masih bisa ada perubahan jadwal," kata Wakil Satuan Tugas Penerangan Kodam IX Udayana, Letnan Kolonel Artileri Medan Kadek Arya, di Nusa Dua, Bali, Selasa.

Menurut dia, pihaknya telah menjalin koordinasi intensif dengan petugas pengamanan Amerika Serikat mengenai  kedatangan orang nomor satu Amerika Serikat tersebut.

Ia menyatakan TNI tidak memberikan pengamanan khusus, namun akan diberikan sesuai dengan standar prosedur kepala negara.

"Tidak ada pengamanan khusus. Kami hanya mengamankan sesuai standar prosedur," katanya.

Secret Service akan mengamankan langsung bossnya itu, termasuk membawa sendiri kendaraan-kendaraan, persenjataan, sistem elektronika, hingga anjing pelacak bahan peledak. 

Sebelumnya Amerika Serikat telah memesan lahan parkir khusus di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, selama presiden yang pernah tinggal di Jakarta itu berada di Pulau Dewata.

Presiden Obama akan membawa dua pesawat kepresidenan yang ngetop dengan nama Air Force One.

Sementara itu satu helipad yang dinilai terbesar di Indonesia itu juga telah dibangun di kawasan Peninsula, Nusa Dua yang rencananya digunakan Obama.

"Kami berkoordinasi dengan pihak Amerika Serikat maka kami bersedia mewadahi. Tetapi semua kepala negara mendapat perlakuan pengamanan sama," katanya.

Pewarta: Dewa K. Sudiarta Wiguna
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013