Jakarta (ANTARA) - Jajaran Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) dengan memberikan edukasi kepada pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tentang fungsi dan cara kerja MPR dalam pemerintahan, Senin.

Proses edukasi itu dilakukan dengan cara menerima para murid beserta jajaran guru dari sekolah Kota Depok ke gedung MPR.

"Dengan berkunjung langsung ke MPR, para siswa dapat memperkuat pengetahuan yang telah diperoleh di kelas tentang MPR RI sebagai lembaga negara yang ada di Indonesia," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal MPR, Siti Fauziah dalam keterangan persnya yang diterima Antara, Senin.

Menurut Fauziah, hal tersebut merupakan bagian dari pelayanan MPR kepada publik sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Dalam kunjungan ini, lanjut Fauziah, siswa diajak berkeliling ke berbagai bagian gedung dan ruangan di MPR. Siswa juga mendapatkan penjelasan langsung dari anggota MPR terkait nama dan kegunaan ruangan yang dikunjungi tersebut.

Tidak hanya itu, Fauziah mengatakan para siswa itu juga mengunjungi perpustakaan untuk melihat koleksi buku MPR.

"Kami memiliki cukup banyak koleksi buku. Bahkan ada juga beberapa koleksi khusus yang hanya dimiliki oleh MPR Ri seperti jurnal-jurnal, hasil kajian, dan risalah Sidang-Sidang MPR, kata dia.

Fauziah mengaku para siswa antusias dalam kunjungan hari ini. Pihaknya pun mengaku senang dengan adanya proses pengedukasian tentang MPR sejak dini ini.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini, para siswa bisa mendapatkan wawasan yang luas tentang keberadaan dan fungsi lembaga negara.

Tidak hanya untuk siswa, Fauziah memastikan gedung MPR terbuka untuk masyarakat umum yang mau belajar tentang lembaga legislatif itu.

"Silakan berkunjung ke MPR. Caranya dapat berkirim surat terlebih dahulu kemudian akan kami tindaklanjuti dan agendakan,” kata dia.
Baca juga: Siti Fauziah ajak mahasiswa dan pelajar beri gagasan untuk MPR
Baca juga: Siti Fauziah: generasi muda harus terus pelihara budaya lokal
Baca juga: Siti Fauziah: MPR terbuka bagi semua kalangan


 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024