Melihat kesuksesan seri sebelumnya, F1 Powerboat tahun ini akan mendongkrak perekonominan masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar Danau Toba
Medan (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menyakini kejuaraan F1 Powerboat yang akan diselenggarakan di Kawasan Danau Toba pada 2-3 Maret 2024 akan meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

"Melihat kesuksesan seri sebelumnya, F1 Powerboat tahun ini akan mendongkrak perekonominan masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar Danau Toba," ujar Hassanudin, di Medan, Senin.

Menurut dia, kedatangan wisatawan ke ajang tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di Kawasan Danau Toba sehingga perputaran ekonomi bakal semakin cepat.

"Yang jelas ada asas manfaat untuk masyarakat lokal, akan kita berdayakan, oleh sebab itu akan kita koordinasikan dan kolaborasikan," kata dia.

Oleh karena itu, Hassanudin menegaskan pihaknya bersama pemangku kebijakan terkait sudah menyiapakan seluruh acara secara maksimal agar kejuaraan F1 Powerboat yang dilangsungkan di Kawasan Danau Toba berjalan dengan lancar dan sukses.

"Kita mengharapkan dengan perhelatan akbar F1 Powerboat dapat memicu munculnya event-event internasional lain di Sumut khususnya kawasan Danau Toba. Dengan begitu kunjungan wisatawan di Sumut akan meningkat," katanya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Sumut Naslindo Sirait mengatakan pihaknya menargetkan perputaran uang di bisnis UMKM selama Kejuaraan Dunia F1 bisa mencapai Rp1 miliar.

"Kami berharap bisa Rp1 miliar selama kejuaraan itu berlangsung," ujar Naslindo.

Untuk itu, Diskop UKM Sumut akan benar-benar menyeleksi UMKM yang dapat berdagang di sekitar arena kejuaraan dunia tersebut, termasuk UMKM dari wilayah Kabupaten Toba.

"Yang penting cocok dengan segmentasi, produk apa yang kira-kira diinginkan pengunjung di kejuaraan itu. Jangan sampai nanti UMKM sudah membawa produknya jauh-jauh tetapi ternyata kurang laku. Kami ingin tidak ada barang yang tidak terjual," katanya

Kejuaraan Dunia F1 Powerboat 2024 di Kawasan Danau Toba menjadi penyelenggaraan kedua setelah sebelumnya kompetisi itu juga berlangsung pada 2023, tepatnya pada 24-26 Februari, di lokasi yang sama.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pernah menyampaikan bahwa perputaran uang di F1H2O Sumut 2023 mencapai hampir Rp300 miliar.

"Perputaran langsung di sini hampir Rp300 miliar dalam beberapa hari. Dan saya kira angka tersebut akan lebih besar nantinya," kata Luhut.

Baca juga: InJourney lakukan beberapa penyesuaian ajang F1 Powerboat 2024

Baca juga: Kemenpora buat akademi sebagai cikal bakal tim F1 Powerboat Indonesia

Baca juga: Pemprov Sumut ajak masyarakat sukseskan F1 Powerboat 2024

 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024