Akan disiapkan akademi powerboat dan aquabike yang ada di Danau Toba
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan membuat akademi yang akan dijadikan sebagai cikal bakal untuk dibentuknya Tim F1 Powerboat dan Aquabike Indonesia.
 
Menpora Dito Ariotedjo mengatakan bahwa pemerintah sudah membahas kemungkinan untuk membentuk tim F1 Powerboat dan Aquabike Indonesia dengan Union Internationale Motonautique (UIM) World Championship, pada saat penyelenggaraan Aquabike di Danau Toba, Sumatera Utara, pada November tahun lalu.
 
"Alhamdulillah, ketika kemarin aquabike berlangsung, saya sudah rapat bersama dengan penyelenggara dari F1 Powerboat. Jadi akan disiapkan akademi powerboat dan aquabike yang ada di Danau Toba," kata Dito di Jakarta, Senin.
 
Dito menjelaskan, dari rapat pada saat itu, dihasilkan kesepakatan bahwa penyelenggara akan membantu Indonesia untuk membuat persiapan awal yang dibutuhkan, guna membentuk tim F1 Powerboat Indonesia.

Baca juga: F1Powerboat Danau Toba dirangkai dengan Kejuaraan Nasional Aquabike
 
Hal yang sama juga dilakukan untuk aquabike yang terbukti mampu menyedot minat masyarakat untuk menyaksikan olahraga air tersebut.

Dengan adanya akademi itu, ditargetkan paling lama 2027, tim F1 Powerboat Indonesia bisa dibentuk dan bersaing dalam kompetisi bertaraf internasional itu.
 
Pada 2-3 Maret nanti, Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.
 
Olahraga yang setara dengan balapan jet darat atau Formula 1 (F1) itu direncanakan digelar di Dermaga Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Baca juga: Pembalap internasional F1Powerboat mulai berdatangan di Danau Toba
 
Di Indonesia, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menjadi penggawa atau penyelenggara utama kegiatan kelas dunia tersebut.
 
Salah satu perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu akan bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan BUMN yang lain.
 
Kemudian, ada Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Pemerintah Provinsi (Pemprov ) Sumatera Utara, Pemerintah Kabupaten Toba, serta pemkab se-kawasan danau vulkanik terbesar di dunia tersebut.

Baca juga: 120 ton logistik F1Powerboat tiba di Danau Toba
Baca juga: Bertalu-talu kembangkan Danau Toba melalui F1 Powerboat

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024