Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut menyukseskan kejuaraan perahu cepat F1 Powerboat yang akan diselenggarakan di Kawasan Danau Toba 2-3 Maret mendatang.

Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan keberhasilan balap internasional itu tidak lepas dari peran masyarakat karena akan berdampak kepada perekonomian daerah tersebut.

“Sukses tahun lalu itu terjadi karena dukungan masyarakat juga, tanpa dukungan itu tidak mungkin sebesar itu, untuk itu saya mengajak masyarakat Sumut untuk datang langsung ke Balige menonton F1 Powerboat," ujar Hassanudin usai meninjau arena F1 Powerboat di Balige, Kabupaten Toba, Jumat.

Menurutnya, ajang internasional seperti kejuaraan F1 Powerboat semakin menggeliatkan perekonomian masyarakat di Sumut.

"Tahun lalu, UMKM juga ikut menikmati dampak acara balapan ini, mulai minggu depan semoga geliat perekonomian masyarakat di sekitar venue sudah mulai meningkat," kata Hassanudin.

Untuk itu, Hassanudin menegaskan kejuaraan perahu cepat F1 Powerboat yang digelar kedua kalinya di Sumut harus berjalan dengan baik sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung di wilayah ini

"Kita harapkan acara ini sukses seperti tahun kemarin. Kita juga harapkan jumlah pengunjungnya melebihi tahun lalu. Perputaran uang di sini tahun lalu seperti yang kita tahu sangat besar, sekitar Rp300 miliar, untuk itu Pemprov Sumut bersama seluruh pihak memastikan lancarnya dan suksesnya acara ini," katanya.

Baca juga: Bupati Toba targetkan 80.000 penonton di kejuaraan F1 Powerboat

Selain itu, Hassanudin juga mengharapkan dengan perhelatan akbar F1 Powerboat dapat memicu munculnya event-event internasional lain di Sumut khususnya kawasan Danau Toba. Dengan begitu kunjungan wisatawan di Sumut akan meningkat.

“Apalagi Sumut memiliki potensi sport tourism, aquabike, powerboat, balap rally telah sukses dilaksanakan, diharapkan nantinya semakin banyak event sport tourism yang bisa dikembangkan di Sumut," ujarnya

Sementara itu, PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney sebagai Holding BUMN Pariwisata melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan destinasi pariwisata khususnya di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), salah satunya Danau Toba.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, di Medan, Kamis, mengatakan salah satu upaya untuk membangun destination branding dan awareness ialah dengan menyelenggarakan kegiatan internasional.

"Mengembangkan destinasi pariwisata butuh upaya berkelanjutan sehingga dengan acara yang berkelanjutan seperti F1Powerboat Danau Toba tentunya akan memberikan dampak yang luar biasa serta dampak ekonomi jangka panjang yang dapat mencapai Rp1,7 triliun," ujar Maya Watono.

InJourney terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah, Kementerian serta Lembaga, termasuk sinergi dengan BUMN untuk memastikan acara bisa terselenggara dengan lancar dan meriah.

"Kami berharap ajang F1 Powerboat dan juga berbagai side event yang diselenggarakan mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung ke Danau Toba," katanya.

Baca juga: Kejuaraan F1 Powerboat dongkrak perekonomian masyarkat

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024