Jakarta (ANTARA) -
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat berharap Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PB PBI) kian popularkan olahraga boling lewat boling center yang bisa ditempatkan di mal-mal.

Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman melantik Ketua Umum PB PBI Marsda TNI Purn Agus Muhammad Bahron beserta jajaran pengurus untuk masa bakti 2024-2028 di kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Selasa.

“Boling center lebih banyak di masa lalu dibandingkan sekarang. Mengapa sekarang banyak yang tutup, itu yang harus dijawab? Jadikan Boling itu menjadi olahraga yang dicintai keluarga dan masyarakat,” kata Ketum KONI Pusat Marciano Norman.

Menurut Marciano Norman, boling mempunyai potensi untuk berkembang dari segi prestasi namun harus dibarengi dengan sosialisasi yang dapat meningkatkan animo masyarakat terhadap olahraga boling.

“Animo diawali sosialisasi cabang olahraga Boling sebagai olahraga yang menarik dan menyenangkan untuk komunitas, khususnya di keluarga. Bicara mencetak atlet masa depan maka penting sekali untuk memulai olahraga di tingkat olahraga, di samping pentingnya dukungan orang tua kepada atlet," ujar Marciano Norman.

Baca juga: KONI Pusat berharap olahraga boling kian digemari masyarakat

 
"Sosialisasi berkaitan erat dengan sarana prasarana serta sport industry dan sport tourism karena saya melihat boling center kian hari kian menipis dan banyak yang tutup tidak seperti dulu sehingga perlu kolaborasi dengan berbagai pihak melalui berbagai program pembinaan yang berkualitas, berjenjang dan berkesinambungan dengan tujuan memasyarakatkan, menjaring dan menyaring bibit atlet berprestasi,” sambungnya.
 
Boling Indonesia memiliki potensi prestasi yang baik, terbukti pada gelaran SEA Games 2022 Vietnam, kontingen Indonesia meraih satu emas, satu perak dan satu perunggu.

PB PBI kini mempunyai pekerjaan rumah untuk mempersiapkan para atlet boling menuju gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara. Usai mempersiapkan PON 2024, tim boling Indonesia akan tampil di ajang SEA Games 2025 Thailand usai pada gelaran SEA Games 2023, cabor boling tidak dipertandingkan.
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024