Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 12 tim esports Indonesia siap bersaing di babak puncak Point Rush dan Grand Finals Free Fire World Series Indonesia (FFWS ID) 2024 Spring, demi memperebutkan gelar tim terbaik Free Fire di Tanah Air.

Dikutip dari keterangan resmi Garena Indonesia, Rabu, 12 tim tersebut adalah RRQ Kazu, Bigetron Delta, Evos Divine, Onic Olympus, Morph Team, Indostars, Tigerwong Esports, MBR Epsilon, Dewa United Apollo, Thorrad, Vesakha Esports (Semangat Oke), dan Genesis Dogma SF.

Adapun RRQ Kazu menjadi tim dengan penampilan paling konsisten sekaligus memuncaki klasemen keseluruhan pada fase knockout, yang berakhir pada Minggu (25/2).

Sejak pekan pertama, RRQ Kazu selalu berhasil mendapatkan lebih dari 200 poin. Di pekan terakhir, mereka mampu mengoleksi 234 poin, mencetak rekor di FFWS ID 2024 Spring sekaligus menggenapkan total poin menjadi 645 poin.

Kendati demikian, RRQ Kazu juga memiliki pesaing-pesaing yang kompetitif seperti Bigetron Delta yang konsisten berada di peringkat dua dalam dua pekan terakhir.

Ada pula Indostars, Onic Olympus, dan Evos Divine yang mampu mengemas lebih dari 100 poin dalam satu matchday untuk menempel ketat RRQ Kazu di fase knockout.

Tak hanya terbatas pada tim tersebut, semua tim yang berhasil lolos ke Grand Finals memiliki peluang yang sama untuk menang karena mereka akan terlebih dahulu bersaing di babak Point Rush.

Babak Point Rush dan Grand Finals FFWS ID 2024 Spring akan tersaji pada 1-3 Maret 2024. Semua pertandingan akan digelar secara langsung di Surabaya Convention Center (SCC), Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: RRQ Kazu masih kokoh di puncak klasemen FFWS ID 2024 Spring

Babak Point Rush akan menjadi perlombaan 12 tim untuk mengumpulkan Headstart Point atau poin tambahan sebelum Grand Finals. Peringkat tim di setiap hari pertandingan point rush akan menentukan jumlah poin tambahan yang didapatkan.

Semakin tinggi posisinya di klasemen, maka semakin besar poin yang didapatkan dan begitu pula sebaliknya. Tambahan poin maksimum yang bisa didapatkan sebuah tim di Point Rush adalah 24 poin.

Dalam perhitungan skema berdasarkan peringkat di atas, jumlah poin di hari pertama tidak akan diakumulasikan ke hari kedua Point Rush.

Dengan demikian, dalam setiap hari point rush setiap tim akan memulai pertandingan dengan poin nol. Kumulasi tambahan poin baru akan diberikan di Grand Finals sebagai laga penentuan.

Grand Finals menjadi laga pamungkas perebutan gelar juara FFWS ID 2024 Spring dengan total prize pool senilai Rp700 juta.

Selain itu, laga ini juga akan menentukan siapa dua tim yang akan mengikuti jejak RRQ Kazu, Evos Divine, dan Dewa United untuk lolos ke FFWS Southeast (SEA) 2024 Spring.

Baca juga: Tim Free Fire sambut positif format baru FFWS Indonesia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024