Balige, Toba (ANTARA) -
Direktur Operasi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Indonesian Tourism Development Corporation/ITDC) Troy Reza Warokka mengatakan kondisi menjelang free practice (latihan bebas) F1 Powerboat Danau Toba 2024 terpantau terkendali dan tidak ada kendala berarti.
 
Troy membeberkan, panitia atau penyelenggara belum mendapatkan informasi terkait kendala yang dihadapi 18 pembalap dari sembilan tim, menuju sesi free practice pada 2 Maret, pukul 07.00 - 08.30 WIB.
 
"Kami didukung penuh oleh tim dari Moto Grand Prix Indonesia (MGPI) yang sudah menangani balapan MotoGP sehingga lebih siap dan menjadi perbedaan juga dari persiapan pada tahun sebelumnya," kata Troy saat meninjau lokasi free practice dan balapan di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu.
 
Lebih lanjut, dia mengatakan, semua persiapan berproses dan masih terus berjalan. Namun, dia optimistis tidak akan menghadapi kendala berarti karena semua sudah dipersiapkan dengan sebaik mungkin untuk memberikan kenyamanan bagi para peserta ajang balap internasional itu.
 
Troy menjelaskan, selain permasalahan teknis balapan, panitia juga sedang menata lokasi di dalam arena utama.
 
"Selain teknis balapan adalah nonbalapan, yaitu adalah penataan kawasan lomba termasuk manajemen lalu lintas tim, UMKM di area utama, dan keamanan yang menjadi perhatian panitia," ujar Troy.

Baca juga: InJourney: Persiapan lomba F1 Powerboat Danau Toba sudah 100 persen
 
Ia menambahkan, penjadwalan waktu untuk semua sesi dalam penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba tahun ini dilakukan berbeda dibanding tahun sebelumnya karena semua sesi akan dilakukan pada pagi hari.

Kondisi cuaca dan gelombang air di danau, tambah dia, menjadi pertimbangan dari promotor olahraga jet air tersebut, F1H2O Racing, untuk mengganti jadwal dibanding tahun sebelumnya.
 
Ia menyebut, seluruh logistik perlombaan seberat lebih dari 100 ton seperti perahu motor, peralatan pembalap tim sudah tiba di lokasi sehingga seluruh kru sudah mulai menyetel kendaraan sejak dua hari terakhir.
 
Pada 2-3 Maret, Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba.
 
Penyelenggaraan powerboat tahun ini juga spesial karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984 di 39 negara.

Baca juga: Menpora: 26 pembalap untuk Kejurnas Aquabike Danau Toba siap tanding
Baca juga: Angela proyeksikan kunjungan wisnus tembus 1 juta pada F1 Powerboat

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024