Midtrans Invoicing adalah solusi pengelolaan invoice secara otomatis memudahkan pemilik usaha dalam melakukan penagihan ke pelanggan.
Jakarta (ANTARA) - Midtrans sebagai bagian dari GoTo Financial menghadirkan layanan payment gateway (sistem pembayaran dalam belanja online) dengan memperkenalkan Midtrans Invoicing.

“Midtrans Invoicing adalah solusi pengelolaan invoice secara otomatis untuk memudahkan pemilik usaha dalam melakukan penagihan ke pelanggan, mereka bisa menggunakan waktunya untuk benar-benar fokus mengembangkan usaha,” kata Group Head of Merchant Services GoTo Financial Haryanto Tanjo dalam keterangan resmi, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, banyak pemilik usaha yang kini masih mengandalkan kuitansi atau faktur manual sebagai bukti pembayaran. Selain tidak praktis secara administrasi operasional bisnis, katanya lagi, bukti pembayaran yang menggunakan faktur manual dapat menyulitkan pelaku usaha saat melacak pembayaran.

Melalui Midtrans Invoicing, pemilik usaha disebut dapat memanfaatkan layanan invoice elektronik yang dilengkapi dengan pengingat otomatis dan link pembayaran. Fitur ini dianggap membatu dalam mempercepat proses penagihan invoice ke pelanggan, sehingga diharapkan arus kas perusahaan lebih lancar dan operasional perusahaan lebih efisien.

Salah satu pelanggan awal Midtrans Invoicing bernama Valensio selaku pemilik Campsite Indonesia (aplikasi berkemah di Indonesia yang menjadi penghubung antara pengelola perkemahan dengan travelers atau campers), fitur invoice dari Midtrans dikatakan telah mentransformasi proses pembayaran pelanggan. Misalnya, pengiriman tagihan menjadi lebih mudah.

Sebelumnya, Valensio menggunakan tiga software untuk membuat satu invoice. Tim dari Campsite Indonesia harus memasukkan seluruh detail penagihan ke dalam aplikasi spreadsheet, lalu membuat payment link untuk setiap invoice. Kemudian, pihaknya mengirimkan melalui pos ke klien dari Campsite Indonesia.

Setelah itu, pihaknya menggunakan spreadsheet kembali untuk mendata setiap pembayaran dalam rangka mengingatkan klien secara manual melalui aplikasi chat untuk menagih pembayaran.

"Kami sering kali terlewat untuk mengingatkan jika ada keterlambatan pembayaran, sehingga berdampak kepada pemasukan perusahaan,” ujar Valensio.

Dengan memanfaatkan Midtrans Invoicing, pelaku usaha dapat memanfaatkan empat keunggulan utama dari layanan tersebut.

Pertama ialah membuat invoice secara otomatis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha, mulai dari pengaturan logo, daftar pembelian, hingga perhitungan diskon.

Kedua, Midtrans Invoicing dilengkapi dengan pengaturan pengingat pembayaran otomatis untuk klien, sehingga pembayaran dapat diterima lebih cepat dan tepat. Sejumlah pilihan pembayaran yang disediakan ialah transfer bank, virtual account, hingga Payment Link untuk memfasilitasi pembayaran kartu debit/kredit atau QRIS.

Saat ini, Midtrans dinyatakan telah bekerja sama dengan PT Multifinance Anak Bangsa untuk menyediakan layanan Invoice Financing, yakni metode pembiayaan yang memungkinkan pelaku usaha mencairkan dana dari invoice lebih cepat dari termin pembayaran pelanggan dengan biaya bersaing. Melalui layanan ini, dana talangan bisa cair sesegera mungkin dengan waktu paling cepat sehari setelah tanggal pengajuan.

Keunggulan ketiga dari Midtrans Invoicing adalah mempercepat proses pembuatan invoice sekaligus untuk melayani pelanggan dalam jumlah banyak melalui unggahan file Comma Separated Values (CSV). Midtrans menyediakan application programming interface (API) bagi tim developer dan pemilik bisnis agar dapat mengintegrasikan proses invoicing dengan sistem akuntansi yang digunakan perusahaan tersebut.

Terakhir, pemilik usaha dapat menggunakan dana yang diterima melalui transaksi online untuk pembayaran kebutuhan operasional usaha. Mulai dari pembayaran vendor hingga gaji karyawan tanpa harus melakukan penarikan terlebih dahulu.

Dengan laporan terintegrasi di dalam satu dashboard, pemilik usaha bida melakukan rekonsiliasi laporan dan pemantauan keseluruhan transaksi yang selalu update setiap saat.

Sebagai informasi tambahan, Midtrans Invoicing dapat dimanfaatkan pelaku usaha di berbagai sektor, seperti UKM, penyedia jasa, hingga distributor beragam produk.

Misalnya, penyedia jasa event organizer dapat menggunakan Midtrans Invoicing untuk pembayaran uang muka dan pembayaran penuh oleh klien. Bidang usaha lainnya seperti agen perjalanan juga bisa memanfaatkan Midtrans Invoicing untuk merilis invoice ke beragam klien sekaligus sesuai dengan paket perjalanan yang dibeli.
Baca juga: GO-JEK gandeng tiga startup untuk perkuat GO-PAY
Baca juga: Midtrans luncurkan startup matchmaking dukung perusahaan rintisan


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024