Komitmen jangka panjang bank telah terbukti kuat sehingga menghadirkan dukungan bagi upaya pengurangan emisi serta dampak buruk lain bagi lingkungan yang sejalan dengan prinsip green banking (perbankan hijau)
Jakarta (ANTARA) - Bank Raya, bank digital yang merupakan bagian dari BRI Group, mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan menerapkan prinsip green banking dalam menjalankan program lingkungan, sosial, dan tata kelola perseroan (ESG).

“Komitmen jangka panjang bank telah terbukti kuat sehingga menghadirkan dukungan bagi upaya pengurangan emisi serta dampak buruk lain bagi lingkungan yang sejalan dengan prinsip green banking (perbankan hijau),” kata Direktur Keuangan Bank Raya Rustarti Suri Pertiwi di Jakarta, Rabu.

Ia menyatakan bahwa pihaknya terus berupaya untuk mengurangi emisi yang dihasilkan oleh kegiatan operasional perusahaan serta mendukung adanya inovasi produk yang dapat membantu memitigasi kerusakan lingkungan.

Sepanjang 2023, Bank Raya mampu melakukan penghematan listrik sebesar 47,95 persen serta mengurangi penggunaan air sebesar 5,72 persen dibandingkan  2022.

Selain green banking, Rustarti mengatakan bahwa pihaknya juga menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan pemerintah, yaitu menjaga kelestarian alam dan menyelaraskannya dengan lingkungan sosial.

“Sebagai bank digital, Bank Raya berperan dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan pemerintah,” ucapnya.

Dengan menjadi bank digital, Bank Raya dapat mengefisienkan penggunaan ATM melalui optimalisasi aplikasi Bank Raya yang telah menjangkau sekitar 784 ribu pengguna per November 2023 sehingga menghemat penggunaan energi dalam kegiatan operasional perseroan.

Anak perusahaan BRI Group tersebut juga berupaya untuk menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan dengan meningkatkan penyaluran pembiayaan kepada pelaku usaha yang bergerak di sektor Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KUB).

Kredit usaha berkelanjutan yang disalurkan oleh bank tersebut mencapai 39,05 persen dari total kredit perseroan pada 2023, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 31,67 persen.

Bank Raya juga berkomitmen untuk mengembangkan produk digital yang mendukung pembiayaan usaha mikro dan kecil berbasis sustainable green economy.

“Upaya-upaya tersebut akan semakin memantapkan langkah kami dalam menciptakan good corporate governance dalam segala pengembangan strategi bisnis dan operasional secara prudent (hati-hati),” ujar Rustarti.

Atas berbagai upayanya dalam menerapkan green banking, Bank Raya menerima penghargaan sebagai Bank Pendukung Pembiayaan Keuangan Hijau Terbaik dalam Bank Indonesia Award 2023 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada Desember lalu.

Bank Raya juga terpilih sebagai salah satu penerima penghargaan Appreciated Social ESG Report 2023 dalam ESG Appreciation Night yang digelar oleh Investor Daily pada Selasa (27/2).

Baca juga: Bank Raya dukung penguatan inklusi keuangan pelaku usaha gunakan QRIS

Baca juga: Bank Raya luncurkan Saku Bisnis bantu pelaku usaha kelola keuangan

Baca juga: Bank Raya hadir di Bali tingkatkan edukasi soal perbankan digital

 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024