Beberapa dari 16 UMK yang dibina Pelindo telah sukses melakukan ekspor. Kami berharap kehadiran mereka di Inacraft, yang merupakan pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara ini dapat membuka pasar baru di luar negeri
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mengharapkan 16 usaha menengah dan kecil (UMK) binaan perseroan dapat membuka pasar baru di luar negeri lewat ajang pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 di Jakarta.

"Beberapa dari 16 UMK yang dibina Pelindo telah sukses melakukan ekspor. Kami berharap kehadiran mereka di Inacraft, yang merupakan pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara ini dapat membuka pasar baru di luar negeri," kata Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ali Mulyono dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Sebanyak 16 UMK yang berasal dari berbagai daerah itu merupakan peserta program "gedor ekspor akselerator". Mereka menampilkan produk unggulan kategori busana (termasuk batik), tas, perhiasan, kecantikan dan produk makanan (food and beverage/F&B) yang siap menembus pasar internasional.

Menurut Ali, Inacraft 2024 yang berlangsung selama lima hari (28 Februari-3 Maret) itu menjadi platform untuk mempromosikan produk-produk UMK binaan Pelindo ke pasar global.

"Dengan memamerkan produk secara langsung, mereka dapat menarik minat calon pelanggan internasional, dan membangun kesadaran merek di tingkat global," katanya.

Ali mengatakan sebagai BUMN di bidang kepelabuhanan, Pelindo berkomitmen mendukung keberlangsungan usaha kecil dan menengah. Dukungan tersebut diwujudkan melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL), yang berfokus pada tiga prioritas, yakni pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMK.

Sementara itu, manajer TJSL Annisa Karimah, mewakili Departemen Head TJSL Pelindo menjelaskan melalui program "gedor ekspor", Pelindo terus mendorong UMK terbaik binaannya untuk ikut di ajang pameran yang berorientasi ekspor.

"Partisipasi dalam pameran ekspor merupakan strategi penting bagi UMK untuk memperluas pasar, mempromosikan produk, membangun jaringan bisnis, meningkatkan pengetahuan dan daya saing. Sejak awal kami melakukan pembinaan terhadap ratusan kelompok UMK melalui program "gedor ekspor". Dari sekitar 350-an UMK, terpilih 16 UMK terbaik untuk mengikuti ajang Inacraft ini," ucap Annisa.

Inacraft 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC) dibuka Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki. Sesaat setelah pembukaan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau pameran untuk melihat langsung produk-produk lokal unggulan.

Inacraft 2024 yang kali ini mengusung tagline From Smart Village to Global Market, diikuti sekitar 1.500 peserta. Mereka mempromosikan berbagai produk kerajinan lokal seperti batik, tenun, fesyen dan bordir, sepatu, perhiasan dan aksesoris, peralatan rumah tangga, cinderamata serta produk dekoratif.

Baca juga: Pelindo fasilitasi ratusan pelajar peroleh ijazah yang sempat tertahan

Baca juga: Erick Thohir: Konsolidasi Pelindo hadirkan pelabuhan terbaik di dunia

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024