Makassar (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Makassar resmi menutup operasi Search and Rescue (SAR) pascabencana tanah longsor terjadi pada Senin, 26 Februari 2024 di Jalan Poros Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

"Untuk tanggap darurat ini, Tim SAR gabungan akan menutup (operasi) karena tidak ada tanda-tanda laporan warga merasa kehilangan keluarganya dan melihat dari kondisi yang sudah kami sisir selama ini, tidak ada tanda-tanda," kata Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Makassar Andi Sultan melalui keterangannya diterima, Kamis.

Kendati demikian, apabila ada tanda-tanda masih ada korban maka pihaknya akan kembali melaksanakan upaya penyelamatan dan pencarian. Sedangkan untuk status tanggap darurat dilanjutkan oleh Pemerintah Daerah setempat.

"Namun apabila ada tanda (masih ada korban), kami akan membuka (pencarian). Untuk tanggap darurat diserahkan kepada pemerintah setempat," tuturnya.

Baca juga: Basarnas Makassar sebut korban longsor di Luwu bertambah

Mengenai dengan jumlah korban dalam musibah itu sebut Sultan, sebanyak 24 orang dengan rincian 19 orang korban selamat dan lima orang korban lainnya dinyatakan meninggal dunia.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 1403/Palopo Letkol Arm Kabit Bintoro Priyambodo menambahkan, untuk status tanggap darurat pascabencana tersebut masih berjalan dan berakhir pada 3 Maret 2024.

"Jadi untuk personel dari BPBD stand by sampai tujuh hari. Masih sampai 3 Maret akan ada di Posko," ujar Dandim Kabit Bintoro.

 
Pengendara melintas di jalan yang masih dipenuhi lumpur usai material tanah longsoran di bersihkan tim SAR Gabungan di Jalan Poros Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Kamis (29/2/2024). ANTARA/HO-Dokumentasi Polres Luwu.



Baca juga: Kepala Basarnas: Operasi SAR bisa diperpanjang, lebih dari 14 hari

Tetapi kabar baiknya, akses jalan di lokasi longsoran sudah dapat dilalui kendaraan karena tumpukan material tanah yang menutupi jalan tersebut sudah dibersihkan dengan alat berat dan dibantu personel gabungan.

"Saat ini akses jalan penghubung Kota Palopo-Bastem sudah bisa dibuka sejak kemarin. Tapi jalan masih rawan dilewati, masih licin. masih ada bekas-bekas timbunan," katanya.

Pihaknya berharap, Pemerintah Daerah setempat dapat membersihkan jalan yang masih menyisakan tanah, sehingga pengendara maupun warga yang melintas lebih aman melewatinya, mengingat kondisi masih hujan dan diimbau tetap waspada.

Dalam operasi SAR tersebut sebanyak 560 orang personel gabungan dari TNI Polri, Basarnas, PMI, Damkar, Tagana, BPBD, kelompok SAR mahasiswa, dan tim lainnya dilibatkan ditambah pengerahan tim KG atau anjing pelacak untuk mencari korban.

Kendaraan korban yang berhasil ditemukan sebanyak 15 unit motor dan dua unit mobil. Sedangkan korban luka sebagian masih di rawat di rumah sakit dan selebihnya telah pulang ke rumah masing-masing.


Baca juga: Operasi pencarian korban tertimbun longsor di Luwu hingga 3 Maret 2024

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024