Jakarta (ANTARA) - Platform media sosial, X, mengumumkan telah menambah fitur "video broadcasts" atau siaran langsung video pada layanan audionya Spaces.

Fitur itu bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang menjadi host atau membuat ruang obrolan sehingga membuat obrolan audionya menjadi lebih interaktif.

Awalnya fitur ini dicuit pertama kali oleh pengguna X dengan nama akun @cb_doge, dan tak lama kemudian akun resmi X juga mengonfirmasi hal tersebut.

Baca juga: X perluas fitur panggilan audio dan video ke semua pengguna

"Spaces sekarang bisa menyalakan kamera (jika kamu mau)," cuit akun X.

Hadirnya fitur video dalam Spaces bisa dibilang merupakan peningkatan ke level baru karena pada dasarnya saat X masih dikenal dengan nama Twitter hadirnya Spaces difokuskan hanya untuk interaksi berbasis audio.

Saat fitur ini diaktifkan oleh pembuat ruang obrolan di Spaces, nantinya hanya wajah pembuat ruang obrolan saja yang terlihat.

Meskipun hanya pembawa acara yang dapat melakukan siaran langsung dengan videonya, peserta lain masih dapat terlibat dengan berbicara atau menjadi pembawa acara bersama.
 

Baca juga: X berencana buat pusat moderasi konten di Texas

Diketahui fitur ini masih terbatas pada pengguna iOS belum diketahui apakah fitur ini akan diperluas eksistensinya ke pengguna Android maupun web.

Seperti halnya fitur baru lainnya, ada beberapa kekurangan yang masih perlu diperbaiki. Sejauh ini, beberapa pengguna yang mencoba fitur ini melaporkan adanya kelambatan saat video diaktifkan.

Lalu pada saat video direkam dengan tampilan lanskap rupanya menyulitkan tuan rumah untuk mengelola Spaces mereka karena video melampaui batas layar.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pengguna desktop yang bergabung dalam Spaces pada saat video disiarkan ternyata belum dapat melihat video dan hanya dapat mendengar audio.

Meski demikian tetap saja integrasi video dalam Spaces patut diapresiasi karena telah membuka kemungkinan baru untuk percakapan yang lebih dinamis dan menarik secara visual di X. Demikian dilaporkan oleh Phone Arena, Kamis (29/2).

Baca juga: X bawa fitur panggilan suara dan video ke Android

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024