Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Kamboja, Santo Darmosumarto mengajak kalangan pengusaha muda Kamboja untuk menjajaki peluang bisnis dengan Indonesia.

"Masih terdapat potensi kerja sama bisnis yang belum secara maksimal dimanfaatkan para pengusaha kedua negara,” kata Dubes Santo Darmosumarto melalui keterangan resmi KBRI Phnom Penh) yang diterima di Jakarta, Jumat.

Pada acara business matching yang dihadiri sebanyak 23 pengusaha Kamboja yang tergabung dalam Cambodia Young Entrepreneurs Association for Development (CYEAD) itu, Dubes Santo mengatakan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia Phnom Penh menilai pengusaha muda Kamboja sebagai salah satu penggerak utama dalam hubungan kedua negara.

“KBRI menilai para pengusaha muda Kamboja sebagai salah satu penggerak utama dalam upaya penguatan kerja sama ini,” ucapnya

Kegiatan business matching merupakan bagian dari rangkaian kunjungan CYEAD ke Jakarta pada29 Februari-1 Maret guna menggali peluang kerja sama perdagangan dan investasi. Business matching dihadiri juga oleh 5 perusahaan Indonesia di bidang perdagangan komoditas, peralatan rumah tangga, dan makanan.

Melalui kegiatan business matching, KBRI Phnom Penh berharap dapat mendorong diversifikasi produk ekspor Indonesia yang saat ini masih didominasi oleh ekspor batubara.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kementerian Perdagangan RI, Arief Wibisono, dalam sambutannya mengapresiasi kunjungan CYEAD tersebut.

Ia mengutarakan harapannya agar CYEAD dapat memperkenalkan ekosistem bisnis di Kamboja kepada para pengusaha Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan RI, pada tahun 2023, total nilai perdagangan bilateral tercatat 961,2 juta dolar AS (sekitar 15,1 triliun), meningkat 21,9 persen dari tahun sebelumnya. Dari jumlah tersebut, nilai ekspor RI ke Kamboja sebesar 856 juta dolar AS (sekitar Rp13,4 triliun).

Tahun ini Indonesia dan Kamboja merayakan ulang tahun yang ke-65 hubungan diplomatik bilateral. Selama setahun ke depan, KBRI Phnom Penh, bekerja sama dengan mitra-mitra Indonesia maupun Kamboja akan selenggarakan berbagai komitmen untuk semakin perluas kerja sama ekonomi.

Baca juga: Dubes Santo upayakan peningkatan kerja sama RI-Kamboja di bidang beras
Baca juga: Indonesia gaet Laos dan Kamboja kerja sama promosi situs budaya
Baca juga: Indonesia bidik pasar jamu dan obat tradisional Kamboja


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024